Jogja
Sabtu, 2 Agustus 2014 - 09:20 WIB

INFO LALU LINTAS : Waspadalah dengan Penyedia Jalur Alternatif di Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Pada libur Lebaran ini, kawasan pantai di Gunungkidul dipadati oleh puluhan ribu pengunjung. Namun demikian banyak wisatawan yang terjebak oleh ulah oknum masyarakat yang menyediakan jalur alternatif. Wisatawan harus membayar beberapa kali untuk melewati arus.

Seperti yang dialami Imaroh asal Imogiri, Bantul, mengatakan Kamis (31/7/2014) sore sepulang dari berwisata di pantai, dirinya bersama keluarga akan kembali ke Bantul ke tempat saudaranya.

Advertisement

Namun karena jalur pantai tidak bisa berbalik arah karena pihak kepolisian menerapkan satu jalur, rombongan mengikuti sesuai jalur. Namun di tengah jalan karena kepadatan memilih menggunakan jalur alternatif.

“Pengen cepat sampai kami memanfaatkan jalur alternatif yang disediakan warga,” kata dia.

Sesampainya di jalur Tepus-Wonosari, rombongan keluarga ini melihat tulisan jalur alternatif, yang disediakan oleh masyarakat. Tanpa berpikir panjang mereka masuk ke jalan kampung, dengan biaya Rp5.000. Setelah masuk sekitar 30 menit, masuk ke area hutan, dan ketemu 11 kali orang meminta serta mengarahkan.

Advertisement

“Saudara kami nekad untuk menerobos ternyata tidak jauh dari situ sudah ketemu jalur utama,” kata dia.

Secara terpisah, Kepala Pengembangan Produk Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan Polres untuk menertibkan oknum masyarakat yang melakukan pungli.

Ia mengatakan jalur-jalur yang ada memang berpotensi untuk menjadi jalur alternatif, ke depan pihaknya akan menempatkan petugas. Selain itu untuk saat ini pihaknya sudah meminta Satpol PP untuk berjaga di beberapa titik. “Sangat dimungkinkan, ke depannya akan ditempatkan petugas,” kata Hary.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif