Jogja
Jumat, 1 Agustus 2014 - 04:41 WIB

KEBAKARAN DI GUNUNGKIDUL : Korsleting, Rumah Tukino Habis Dilalap Api

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/ David Kurniawan)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kebakaran rumah terjadi di Dusun Sokalima I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kamis (31/7/2014) sekitar pukul 15.00 WIB. Diduga penyebab kebakaran dikarenakan korsleting listrik, akibatnya satu rumah ludes terbakar. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp37 juta.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, saat kebakaran terjadi, Tukino, pemilik rumah tidak berada ditempat. Kebakaran pertama kali dilihat oleh para tetangga korban.

Advertisement

Api pertama kali terlihat di bagian dapur rumah, entah dari mana asalnya, tahu-tahu kepulan asap sudah mulai membumbung tinggi ke udara.

“Saya tidak mendengar adanya suara ledakan, tapi tahu-tahu api sudah mulai melahap seisi rumah,” kata salah seorang saksi Sukartini kepada harianjogja.com, Kamis (31/7/2014).

Sukartini mengaku sempat meminta tolong kepada tetangga untuk membantu memadamkan api. Namun apadaya, ketiadaan sarana pemadam membuat upaya yang dilakukan menjadi sia-sia. Kebakaran cepat meluas karena angin yang berhembus kencang.

Advertisement

Apalagi, di sekitar lokasi juga kesulitan air sehingga membuat api cepat berkobar dan melahap isi rumah Tukino. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Diduga kuat, penyebab kebakaran dikarenakan adanya hubungan arus pendek listrik di rumah korban.

Sayangnya, meski api dapat dijinakkan seluruh isi rumah ludes terbakar. Mulai dari TV, tape, VCD, sebuah sepeda motor dan harta benda lainnya hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya kerugian diperkirakan mencapai Rp37 juta.

“Ini baru berupa harta benda saja, sedangkan surat-surat berharga lainnya belum masuk dalam hitungan,” kata Kepala Desa Bejiharjo, Yanto.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif