Soloraya
Jumat, 1 Agustus 2014 - 20:31 WIB

JOKOWI HARI INI : Ini Pengawalan Jokowi Saat ke Permakaman Bonoloyo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan seusai menunaikan salat Jumat di Masjid Nur Jamil, Tapen, Nusukan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/8/2014). Dalam perjalanannya menuju masjid tersebut Jokowi sempat membagikan sedekah kepada pengemudi becak dan warga di depan Pasar Nusukan. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Agenda Jokowi hari ini di Solo ke TPU Bonoloyo Solo. Rombongan mobil Presiden Indonesia terpilih periode 2014-2019, Joko Widodo (Jokowi) memasuki Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bonoloyo, Kadipiro, Banjarsari, Jumat (1/8/2014) sore.

Rombongan mobil tidak berhenti tepat di depan pintu, namun masuk di jalan kecil sebelah utara TPU. Agenda Jokowi kali ini nyekar di makam mertua atau orangtua dari sang istri, Iriana Jokowi.

Advertisement

Mengetahui kedatangan rombongan mobil dengan sirine polisi, warga sekitar TPU bergerombol mendatangi sumber suara tersebut.

Tidak lama warga sudah berkumpul di sekitar TPU tepatnya di sebelah utara. “Saya kira siapa yang datang, ternyata Jokowi,” ucap salah satu warga, Rochmadi, 42.

Advertisement

Tidak lama warga sudah berkumpul di sekitar TPU tepatnya di sebelah utara. “Saya kira siapa yang datang, ternyata Jokowi,” ucap salah satu warga, Rochmadi, 42.

Usai nyekar, warga sempat bersalaman dengan mantan Wali Kota Solo itu meskipun dijaga ketat beberapa personel keamanan. Memasuki mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) berwarna hitam, Jokowi didampingi kakak ipar atau kakak dari sang istri Jokowi. Barisan mobil pelan-pelan berjalan keluar dari TPU Bonoloyo.

Barisan depan pengawal atau voorijder diisi dua motor gede polisi. Dua polisi dengan seragam lengkap itu yang bertugas menghentikan arus lalu lintas kendaraan lain di persimpangan yang dilewati rombongan Gubernur DKI Jakarta itu.

Advertisement

Empat mobil yang berjenis sama mengawal di belakangnya. Empat mobil bernomor polisi AD dan H itu ditumpangi beberapa pengawal yang mengenakan baju polos berwarna putih.

“Personel keamanan yang mengawal paling dekat dengan Jokowi dan memakai baju putih polos merupakan personel kepolisian dari Markas Besar (Mabes) Polri,” kata Anto kepada Solopos.com, Jumat.

Pengawal yang memakai baju putih polos, imbuh Anto berjumlah delapan orang. Mereka bertugas mengawal Jokowi saat blusukan atau berinteraksi langsung dengan masyarakat. Di pinggang mereka terdapat pistol dengan sarung berwarna hitam. Baju polos berwarna putih yang panjang menutupi senjata laras pendek itu.

Advertisement

“Biasa saja pengawalannya,” kata salah seorang pengawal berbaju putih secara singkat. Di belakangnya, terdapat sekitar empat motor polisi berjenis trail. Motor tersebut ditumpangi delapan polisi dengan senjata laras panjang dan rompi. Tidak hanya motor trail polisi, motor lain yang berjumlah sekitar lima ditumpangi polisi berpakaian bebas juga mengawal.

Pengaman VIP

Sekitar tiga mobil sedan polisi Patwal berada di barisan paling belakang. “Hingga dilantik Pak Jokowi dikawal pengamanan khusus, karena merupakan pengamanan VIP. Itu sudah merupakan kewajiban Polisi untuk mengamankan siapa saja,” ucap Kapolresta Solo, Kombes Pol Iriansyah usai salat Jumat bersama Jokowi di Masjid Nur Jamil, Tapen, Nusukan, Banjarsari.

Advertisement

Pengerahan personel keamanan juga terlihat saat rombongan Jokowi melintas di tiap persimpangan jalan menuju kediaman Jokowi di Jl Kutai Utara, Sumber. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat, beberapa personel Polisi Wanita (Polwan) menghentikan kendaraan di persimpangan saat rombongan presiden terpilih itu melintas.

Tidak hanya itu, di sekitar rumah, terdapat banyak personel keamanan yang tengah berjaga. Di sebelah timur kediaman Jokowi yang berpagar kayu berwarna coklat itu, beberapa personel polisi berpakaian bebas berjaga. Di sebelah barat juga tampak dua personel polisi Brimob berseragam warna hitam dengan senjata lengkap.

Pintu samping juga tidak luput dari penjagaan. “Malam-malam ada personel kepolisian yang merupakan penembak jitu [sniper], mereka ingin meminjam tempat di lantai atas untuk berjaga,” kata salah seorang tetangga Jokowi yang tidak mau dikorankan namanya.

Rumah sang ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, juga dijaga beberapa aparat polisi berseragam lengkap. Personel keamanan yang mengawal Jokowi selama di Solo merupakan gabungan dari personel Polresta Solo, Polda Jateng dan Mabes Polri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif