Teknologi
Jumat, 1 Agustus 2014 - 06:30 WIB

HASIL PENELITIAN : Duh, Curhat di Media Sosial Justru Bisa Bikin Anda Merasa Lebih Buruk

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Solopos.com, SOLO – Sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang yang hidup di era modern saat ini untuk terus membagikan kejadian yang dialaminya di situs jejaring sosial. Tapi tahukah Anda kebiasaan curhat kejadian negatif di media sosial semacam itu justru bisa membikin perasaan Anda menjadi lebih buruk?

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Wisconsin, Madison, Amerika Serikat menyebutkan, siapapun yang membagikan peristiwa buruk yang dialaminya justru membuatnya merasa peristiwa itu lebih buruk lagi. Studi yang melibatkan 300 mahasiswa tersebut memerintahkan mereka untuk mendokumentasikan emosi mereka setiap harinya dan bagaimana mereka berbagi perasaan ketika insiden tersebut terjadi.

Advertisement

Studi ini menemukan bahwa 70% dari mereka membagikan perasaan melalui media sosial, SMS, dan telepon.Pada saat mengalami peristiwa positif, mereka lebih suka berbagi melalui SMS dan Twitter, karena kedua media tersebut mudah diakses dari smartphone dan tidak menyebabkan teman langsung merespons pesan yang disampaikan. Sedangkan saat mengalami peristiwa negatif, orang cenderung lebih senang menggunakan telepon untuk berbagi masalah yang dihadapinya.

Dikutip Solopos.com dari Daily Mail, kamis (31/7/2014), para peneliti menemukan bahwa berbagai melalui media sosial akan meningkatkan emosional seseorang. Berbagi kejadian negatif yang dipercaya dapat memperbaiki perasaan justru dinilai oleh para peneliti sebagai hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif