Jogja
Jumat, 1 Agustus 2014 - 09:22 WIB

ARUS BALIK LEBARAN 2014 : Puncak Arus Balik di Terminal Jombor Dimulai H+4 Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Terminal Jombor (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN – Puncak arus mudik di Terminal Jombor diperkirakan mulai hari ini (1/8/2014). Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sleman telah berkoordinasi dengan Paguyuban Agen Bus Malam (Pabima) setempat untuk mengantisipasi penumpukan bus dan penumpang.

“Kalau naik bus, biasanya orang cenderung tidak mau terlalu mepet. Kemungkinan Jumat sudah mulai, jadi mereka tetap masih punya waktu istirahat sebelum kembali bekerja,” demikian kata Marjanto, Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dishubkominfo Sleman, Kamis (31/7/2014).

Advertisement

Ditemui di Terminal Jombor, Marjanto mengungkapkan pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi terkait arus balik bersama Pabima Terminal Jombor. Misalnya dengan melakukan kesepakatan waktu ngetem lebih dari 15 menit.

Marjanto pun berani menjamin Terminal Jombor bebas dari percaloan tiket bus. Sebab setiap agen akan turun tangan untuk mengontrol keberadaan calo.

Salah satu agen bus malam di Terminal Jombor, Noviantoro mengatakan pada Jumat nanti memang diperkirakan ada banyak bus yang berangkat dan datang. Bus tambahan rata-rata mulai muncul pada 30 Juli sampai 4 Agustus 2014.

Advertisement

Sedikit berbeda, Wakil Ketua Pabima Terminal Jombor, Ipin, berpendapat puncak arus balik akan terjadi Sabtu (2/8/2014) mendatang. Adapun kursi bus reguler tujuan Jakarta pada 1-4 Agustus 2014 sudah habis terjual. Sebanyak 20 armada tambahan pun telah disiapkan untuk memenuhi tingginya permintaan.

“Kalau sedang masa begini, jadwalnya mundur itu biasa karena jalan penuh dan macet,” kata Ipin.

Hal itu berpotensi terjadi antrean bus yang panjang. Namun, Ipin mengatakan pihaknya telah memiliki panitia khusus yang siap membantu melancarkan arus pergerakan bus.

Advertisement

Sejak Senin hingga Rabu kemarin, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Jombor hampir dua kali lipat lebih banyak dibanding mereka yang datang. Berdasarkan data Dishubkominfo Sleman, sudah ada 9.791 orang yang diberangkatkan, sedangkan hanya 4.943 orang yang turun di terminal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif