Jogja
Kamis, 31 Juli 2014 - 10:45 WIB

WISATA LEBARAN 2014 : Pantai Parangtritis Jadi Pilihan Pertama, Masih ada Samas dan Depok

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan bermain dan berenang saat berkunjung ke Pantai Parangtritis, Bantul, (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL – Belasan ribu wisatawan mengakhiri hari raya lebaran dengan memadati obyek wisata Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek Bantul, Rabu (30/7/2014).

Pemandangan wisata di Bantul pada liburan Lebaran ketiga, terlihat pengunjung wisatawan masih bertumpuk di Pantai Parangtritis. Pantai promadona Bantul ini setidaknya menjadi tujuan utama rombongan keluarga selain beberapa pantai lain seperti Depok dan Samas.

Advertisement

Kondisi gelombang yang aman menjadi tempat pengunjung meluapkan suka cita kegembiraan bersama keluarga. Banyak pengunjung bermain pasir, mandi hingga menikmati hiburan yang ada di Pantai Parangtritis.

Pengamanan pengunjung obyek wisata juga terlihat dari Tim SAR Parangtritis dengan menerjunkan seluruh kekuatan personil yang disebar di sepanjang pantai mengawasi para pengunjung.

Ketua Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto
mengatakan seluruh kekuatan relawana Tim SAR dioptimalkan untuk pengamanan pengunjung di seluruh obyek wisata di Bantul. Tidak hanya di Pantai Parangtritis, pengamanan Tim SAR juga disiapkan untuk semua pantai termasuk Pantau Baru, Kuwaru, dan Gua Cemara yang tak kalah padat pengunjung.

Advertisement

Di Pantai Samas, dimanfaat oleh nelayan mengoperasikan perahu jukung. Wisatawan yang ingin menikmati berkeliling laguna Pantai Samas disediakan perahu jukung yang sehari-harinya digunakan turun melaut dengan tarif cukup murah yakni hanya Rp 5000 per orang untuk sekali putar.

“Setiap wisatawan baik anak-anak atau dewasa kita tarik biaya Rp 5.000 saja,” kata Juwanto.

Jasa hiburan andong juga mengaku kebanjiran rejeki berlipat di Parangtritis. Banyak pengunjung harus antri menikmati andong untuk menyusuri pantau terpanjang di DIY ini. Musim libur lebaran seperti ini penarik andong mengaku rata-rata bisa meraup keuntungan berlipat.

Advertisement

Berbeda khas disajikan Pantai Depok sebagai pantai pusat kuliner hasil laut juga diserbu pengunjung yang ingin menikmati kuliner hasil laut tangakapan nelayan. Pedagang ikan dan warung makan nampak kebanjiran pembeli hingga para pedagang harus menambah stok ikan dari pasokan luar daerah.

Koordinator tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Samas menambahkan ada sebanyak 200-an aramada pengunjung yang masuk melalui pos TPR setelah lebaran hari kedua tercatat ada sekitar 800 wisatawan.

Menurutnya, tidak semua wisatawan yang masuk melalui TPR Pantai Samas berwisata ke Pantai Samas namun juga bisa berkunjung ke Pantai Gua Cemara, Pantai Kuwaru dan Pantai Baru. Di pantai ini pengunjung cukup membayar sekali retribusi dapat menikmati 4 obyek wisata laut,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif