Jogja
Kamis, 31 Juli 2014 - 15:10 WIB

WISATA LEBARAN 2014 : Besok, 50.000 Pengunjung Padati Pantai Parangtritis

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Parangtritis.dok

Pantai Parangtritis.dok

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pengelola Pantai Parangtritis, Bantul memperkirakan 50.000 wisatawan bakal memadati tempat wisata itu, besok [Jumat (1/8)].

Adapun jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis dari H+2 Lebaran hingga siang ini tercatat sebanyak 64.000 wisatawan.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis Heri Maryanto mengatakan sejumlah persiapan  telah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, di antaranya adalah penyiapan TPR tambahan di wilayah Trembis atau di selatan TPR induk saat ini.

Advertisement

TPR tambahan dibuka bila antrean kendaraan telah mencapai jembatan Kretek atau sejauh satu kilometer dari TPR induk. Saat ini, antrean kendaraan belum mencapai jembatan Kretek sehingga masih menggunakan TPR induk dan TPR Pantai Depok.

“Kalau TPR Trembis dibuka, kendaraan sepeda motor diloskan saja di TPR induk dan baru ditarik retribusi di Trembis,” ujarnya.

Menurut dia, sampai kini kepadatan kendaraan terjadi di lokasi TPR induk. Selain kendaraan harus mengantre untuk membayar retribusi, volume kendaraan di persimpangan TPR induk juga padat dari dan menuju ke arah Pantai Depok. Di sisi lain, lebar jalan menuju Pantai Depok hanya sekitar 8 meter.

Advertisement

“Ini mungkin ke depan yang harus dibangun, jalan menuju Depok itu kan kecil, jadi bikin padat kendaraan hanya delapan meter. Kalau menuju Parangtritis sampai 12 meter,” harap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif