News
Kamis, 31 Juli 2014 - 10:30 WIB

SOLOPOS HARI INI : Open House Jokowi, Laka Mudik hingga Parpol Jadi Tekanan Pembentukan Kabinet

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Kamis, 31 Juli 2014

Solopos.com, SOLO – Gelaran Open House Joko Widodo di Graha Saba Buana, Rabu (30/7/2014) jadi salah satu berita utama Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (31/7/2014). Dilaporkan Solopos ) ribuan warga dari berbagai daerah datang untuk bersalaman langsung dengan Jokowi.

Kabar lain datang dari pembentukan cabinet Jokowi-JK. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang menyebut Jokowi bakal mendapat ujian dari tekanan Parpol dalam menyusun kabinet. Seperti apa? Simak rangkumannya berikut;

Advertisement

PEMBENTUKAN KABINET: Tekanan Parpol Jadi Ujian Jokowi

Penyusunan kabinet bakal menjadi ujian bagi ketegasan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) bila kelak dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Advertisement

Penyusunan kabinet bakal menjadi ujian bagi ketegasan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) bila kelak dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Ujian ini berupa adanya kemungkinan intervensi dan tekanan dari partai politik pengusung Jokowi-JK. ”Itu [penyusunan kabinet] pasti akan menjadi ujian bagi Jokowi dalam menghadapi intervensi bahkan tekanan dari parpolparpol pengusung pasangan tersebut,” kata pengamat politik dari Universitas Diponegoro Semarang, Mochmad Yulianto ketika dihubungi di Semarang, Rabu (30/7).

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang itu menambahkan daftar nama menteri dan pejabat tinggi setingkat menteri yang diminta bergabung juga bakal menjadi ujian bagi keberanian Jokowi-Kalla dalam membentuk kabinet ahli (zaken) dan profesional.

Advertisement

(Baca Juga: Ketegasan Jokowi Diuji saat Susun Kabinet, Menkum HAM Sarankan Jokowi-JK Diskusi dengan SBY, Menteri Profesional Rentan Dihambat DPR)

MUDIK 2014: 352 Orang Meninggal di Jalan Raya

Angka kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri merilis rekapitulasi data kecelakaan dari H-6 hingga hari kedua Lebaran (H+2), Rabu (30/7), yang menyebutkan angka kecelakaan tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Advertisement

Secara keseluruhan ada 1.584 kejadian pada 2014, sedangkan pada 2013 mencapai 1.832 kejadian. Korban meninggal pada 2014 sebanyak 352 orang. Angka tersebut menurun dari tahun 2013 yaitu 384 orang.

(Baca Juga: Polda Jateng Klaim Jumlah Kasus Lakalantas Mudik Lebaran Turun, Waspadai Daerah Rawan Kecelakaan di Surabaya Ini…, Waspada! Jalur Solo-Jogja Gelap dan Lengang)

ACARA OPEN HOUSE: Demi Jokowi, Ribuan Warga Antre sejak Pagi

Advertisement

PresidenRI terpilih, Joko Widodo (Jokowi), menggelar open house di Gedung Graha Saba Buana, Banjarsari, Solo, Rabu (30/7). Ribuan warga dari berbagai daerah datang untuk bersalaman langsung dengan Jokowi. Berikut laporan reporter Solopos, Indah Septiyaning W.

Ribuan warga silih berganti berdatangan ke gedung pertemuan Graha Saba Buana sejak pukul 06.00 WIB. Mereka rela antre dan memadati jalanan di sekitar Graha Saba Buana. Pengamanan dilakukan ekstra ketat dan berlapis.

Ratusan aparat kepolisian dibantu dengan petugas Linmas berjaga sejak di lampu merah Sumber tepatnya di pintu masuk Jl. Letjen Suprapto. Pagi itu Jl. Letjen Suprapto ditutup dengan menggunakan barikade. Jalan dibuka hanya untuk tamu undangan yang datang ke Graha Saba Buana.

(Baca Juga: Open House Jokowi, 4 Warga Pingsan, Ratusan Orang Tak Bisa Salaman, Di Open House Jokowi, Kahyang Ayu Bagikan Buku, Eh Ada yang Dapat Amplop Uang Juga…, Open House Jokowi Mirip Resepsi Pernikahan, Pengunjung Diperiksa Ketat, Jalan Kampung untuk Parkir, Jokowi Open House, Wali Kota dan Ketua DPRD Atur Tamu)

LIBUR LEBARAN: Pemudik Serbu Objek Wisata

Objek wisata menjadi tempat favorit yang dituju pengunjung untuk mengisi libur Lebaran tahun ini. Hampir seluruh objek wisata di Soloraya dipadati pengunjung, terutama pemudik, sejak hari pertama perayaan Idul Fitri.

Di Solo, beberapa lokasi wisata seperti Balekambang sengaja membuat event khusus untuk menyambut pengunjung selama libur Lebaran. Mulai Senin (28/7) hingga Minggu (3/8), Taman Balekambang menggelar event Bakdan Ing Balekambang. Kegiatan tersebut telah menjadi acara rutin tiap tahun dan untuk tahun ini telah menginjak tahun kelima.

”Kami ingin memberikan hiburan kepada masyarakat di tengah kegiatan mudik ini,” ungkap koordinator acara, Hernawan, saat ditemui Espos di Balekambang, Senin. Dia mengatakan tema acara Bakdan Ing Balekambang tahun ini adalah mainan tradisional.

Sehingga pihak panitia pun menyediakan wahana permainan tradisional seperti egrang, gangsingan, dakon, dan sebagainya di area outdoor taman. Selain itu pada Bakdan Ing Balekambang juga digelar pameran foto dengan tema Event di Solo dalam Sewindu.

(Baca Juga: Begini Panjangnya Antrean Masuk Taman Mini…, Taman Balekambang Sambut Pemudik, Asyiknya Main Congklak di Balekambang…)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif