Soloraya
Kamis, 31 Juli 2014 - 05:31 WIB

MUDIK LEBARAN 2014 : Wah, Tiket Bus Arus Balik Naik 120%!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penumpang menunggu bus di Terminal Pilangsari, Sragen. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SRAGEN — Harga tiket bus pada arus balik musim mudik Lebaran 2014 ini meningkat tajam. Tercatat rata-rata kenaikan mencapai 120%.

Pengelola Agen PO (Perusahaan Otobus) Bogor Indah, Catur, menyampaikan harga tiket bus yang pada hari biasa sekitar Rp150.000 sekarang ini mencapai Rp340.000 (untuk kelas VIP).

Advertisement

Dia menjelaskan kenaikan harga tiket yang tinggi tersebut disebabkan bus yang hanya melayani satu arah, yakni dari Sragen menuju Jakarta. Oleh karena itu, beban untuk kekosongan penumpang saat dari Jakarta menuju Sragen dibebankan kepada penumpang.

“Masing-masing PO memiliki kebijakan sendiri. Kalau kami kebijakannya menaikkan harga tiket hingga 120%. Itu untuk yang menggunakan bus regular. Sementara itu yang menggunakan bus tambahan, harganya bisa lebih murah. Selisihnya tidak banyak, hanya Rp5.000-Rp10.000 per tiketnya,” ungkap Catur saat ditemui Solopos.com di Terminal Pilangsari, Senin (28/7/2014).

Dia menjelaskan harga tiket untuk bus tambahan adalah Rp285.000. Menurut dia, perbedaan harga tersebut terjadi karena kelas bus yang digunakan juga berbeda. Bus regular biasanya menggunakan bus AC patas sedangkan bus tambahan menyewa bus pariwisata.

Advertisement

Selain itu, harga bus regular sudah ditentukan langsung dari kantor pusat sedangkan bus tambahan, statusnya menyewa bus wisata.

Meski begitu, dia mengaku sengaja memilih bus pariwisata untuk digunakan sebagai bus tambahan. Tujuannya supaya tidak menyecewakan penumpang. Terlebih kondisi bus pariwisata selalu bagus.

Dia menyebutkan saat ini sudah menambah tiga hingga empat bus tambahan sehingga menjadi sembilan bus. “Bus regular berangkatnya dari Madiun. Jadi ketika sampai di Sragen biasanya hanya kebagian empat sampai lima kursi di setiap bus. Sebaliknya kalau bus tambahan kan berangkatnya dari Sragen karena menyewa sendiri,” ujar dia.

Advertisement

Meski sudah mengoperasikan bus tambahan, Catur menyebutkan, penjualan tiket arus balik kali ini masih sepi. Menurut dia, masyarakat akan mulai banyak memburu tiket bus pada Rabu-Kamis (30-31/7/2014).

Lebih lanjut, dia menyampaikan, saat ini tiket yang sudah terjual habis untuk keberangkatan Sabtu-Minggu (2-3/8/2014).

Pengelola Agen PO Royal Sragen, Agus, menyampaikan harga tiket saat arus balik adalah Rp270.000 dari harga regular Rp135.000. Menurut dia, harga tersebut akan terus bertahan hingga arus balik selesai.

Namun demikian, dia mengatakan hingga saat ini belum ada bus tambahan karena masih sepi peminat. Meski begitu, pihaknya optimistis arus balik tahun ini lebih ramai jika dibandingkan tahun lalu. “Untuk sementara yang ramai baru perjalanan Jumat-Senin [1-4/8/2014],” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif