Soloraya
Kamis, 31 Juli 2014 - 05:13 WIB

MUDIK LEBARAN 2014 : Pengunjung Restoran di Solo Naik 2 Kali Lipat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - RM Klopo Resto adalah satu-satunya restoran yang memberikan servis yang memuaskan para tamu RM Klopo resto saat ini menempatkan wanita muda sebagai juru parkir Kota Solo. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Libur Lebaran 2014 membuat sejumlah restoran di Solo kebanjiran pengunjung. Dalam sehari, rata-rata ada peningkatan pengunjung hingga dua kali lipat jika dibandingkan hari biasanya.

Marketing and Banquet Sales Executive Goela Klapa M. Wahyu Hidayat mengungkapkan sejak Minggu (27/7/2014) lonjakan pengunjung mencapai dua kali lipat. Oleh karena itu, pihaknya melakukan open table atau menambah bangku bahkan waktu tutup pun menjadi lebih malam, yakni pukul 23.00 WIB.

Advertisement

Pihaknya memprediksi kondisi ramai tersebut akan terus berlangsung hingga H+10. Hal ini karena reservasi sudah banyak. “Ramai pengunjung ini tidak hanya pemudik tapi juga masyarakat Solo. Orang Solo yang kebanyakan pebisnis, sudah banyak yang pesan tempat untuk mengadakan halal bihalal dengan rekan kerja atau teman sehingga [waktu ramai] lebih lama,” ungkap Wahyu kepada Solopos.com, Rabu (30/7/2014).

Diakuinya, kebanyakan tamu yang datang saat ini berasal dari luar kota, bahkan luar Jawa seperti Kalimantan, Sumatra, Bali dan Sulawesi. Menurut dia, tingginya pengunjung juga disebabkan kegiatan promosi dengan memasang banner di sejumlah titik strategis yang dilewati pemudik. Selain itu, pihaknya juga mengirim SMS dan email blast ke pelanggan.

Meski pengunjung ramai, Wahyu mengungkapkan pihaknya tidak menaikkan harga. Dia menyampaikan harga menu masih sama, yakni kisaran Rp20.000-Rp45.000 untuk makanan dan Rp15.000-Rp25.000 untuk minuman. Dia menyampaikan harga saat Lebaran sudah diperhitungkan di awal tahun sehingga penyesuaian harga hanya dilakukan saat awal tahun.

Advertisement

Menurut Wahyu, menu yang paling disukai sama seperti tahun lalu, yakni nasi bakar kendil dan nasi gulung dadali. Dia menyampaikan kedua menu tersebut merupakan menu andalan dan ciri khas di Goela Klapa sehingga dari tahun ke tahun, terutama saat Lebaran banyak dipesan. Dia juga menyampaikan, tingginya permintaan tidak hanya di restoran tapi juga pesanan catering. Pesanan catering mulai banyak sejak Lebaran hari pertama.

Operational Manager Restaurant Consultant Klopo Resto dan Koji Resto, Imam Safii, juga menyampaikan hal yang sama. Menurut dia, di dua restoran tersebut ada kenaikan pengunjung sekitar 100%. Kenaikan pengunjung paling tinggi terjadi pada Senin (28/7) karena banyak restoran yang tutup. Dia menyampaikan peningkatan sudah mulai terasa sejak H-7 Lebaran dan diperkirakan akan berlangsung hingg H+7. Menurut dia, kebanyakan tamu yang saat ini datang adalah tamu dari luar kota.

Namun diakuinya, jumlah pengunjung di Klopo Resto lebih tinggi tahun lalu. Hal ini karena pada tahun lalu pihaknya menyebar brosur tapi hal itu tidak dilakukan pada tahun ini. “Selama libur Lebaran ini, harga naik sekitar 20% untuk masing-masing menu. Kenaikan tersebut dilakukan untuk membayar THR [tunjangan hari raya] dan juga kenaikan harga beberapa bahan pokok di pasar,” paparnya.

Advertisement

Namun dia mengutarakan, konsumen mengaku maklum dengan kebijakan tersebut. Dia juga menuturkan harga akan kembali normal pada pekan depan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif