News
Kamis, 31 Juli 2014 - 07:46 WIB

INVESTASI DI SOLO : Apartemen Kian Diminati, Ini Investasinya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi apartemen (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO—Investasi property melalui apartemen terus meningkat seiring dengan pengetahuan masyarakat yang makin paham mengenai strata title atau hak milik atas suatu bangunan. Oleh karena itu, apartemen terus tumbuh terutama di kota besar.

Salah satu Principle Point Property, Indiana Era, menyampaikan saat ini masyarakat sudah mulai teredukasi mengenai strata title. Selain itu, strata title juga diterima perbankan sebagai barang jaminan. Oleh karena itu, hak kepemilikan tersebut bisa diterima oleh investor. Menurut dia, apartemen bisa menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi selain rumah tapak.

Advertisement

Pengelolaan apartemen juga tidak ribet dan fasilitasnya lengkap sehingga cocok untuk masyarakat perkotaan yang sibuk. Selain itu, fasilitas juga lengkap sehingga saat ini apartemen makin diminati dan supply juga meningkat.

“Harga apartemen juga terus meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu sehingga bisa menjadi salah satu investasi yang menguntungkan,” ungkap Indiana saat ditemui wartawan di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Rabu (30/7/2014).

Oleh karena itu, meski Golden Cruise Apartement terletak di Surabaya, pihaknya memasarkan penjualan unitnya hingga ke Solo. Sasarannya adalah investor yang ingin berinvestasi di property. Menurut dia, masyarakat Solo banyak yang ingin berinvestasi dalam bidang property di luar Solo. Hal ini terbukti sudah menjual tujuh unit selama pameran di Solo yang masih akan berlangsung hingga Minggu (3/8).

Advertisement

Dia menjelaskan apartemen yang ditawarkan merupakan apartemen eksklusif dengan menyasar kalangan atas. Apartemen tersebut terdiri atas 200 kamar yang berada di lantai I-IX dan menjadi satu dengan hotel. Lokasinya pun strategis karena berada di dekat kampus, rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, apartemen tersebut bisa disewakan kepada mahasiswa, dokter atau pedagang.

Indiana menyampaikan pihaknya juga melayani pengelolaan unit yang disewakan dengan jaminan pendapatan sewa senilai Rp30 juta per tahun. Satu unit apartemen tersebut dijual dikisaran harga Rp380 jutaan untuk tipe studio. Namun setelah ground breaking atau peletakan batu pertama pada kuartal pertama 2015, harga akan naik menjadi 7%.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan permintaan kredit kepemilikan apartemen (KKA) juga terus meningkat dari tahun ke tahun. BI mencatat ada kenaikan 65,01% (year on year/yoy) untuk apartemen tipe 21, kenaikan sekitar 9,41% yoy untuk tipe diatas 70. Bahkan untuk apartemen tipe 2-70 ada peningkatan yang sangat signifikan, yakni 410,9% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif