Jogja
Kamis, 31 Juli 2014 - 17:40 WIB

Ini Hambatan Pelayanan E-KTP di Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL—Proses pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP mengalami hambatan kiriman blangko dari pemerintah pusat.

Tersendatnya kiriman blangko membuat target terselesainya e-KTP akhir tahun dan musim mudik Lebaran tahun ini terancam meleset.

Advertisement

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Fenti Yusdayanti mengatakan, blangko pencetakan e-KTP baru tersedia November nanti sesuai keterangan yang diperoleh dari pemerintah pusat.

Menurut keterangan pemerintah pusat, kiriman blangko pemerintah tersendat karena proses pengadaan lelang sampai saat ini masih berjalan. “Jadi kemungkinan baru November nanti layanan e-KTP bisa jalan lagi,” tambah Fenti belum lama ini.

Ia pesimistis target menyelesaikan e-KTP terpenuhi karena waktunya tinggal sebulan. Terlebih, imbuh Fenti, sampai saat ini harus mengejar target sekitar 15.000 warga.

Advertisement

Jumlah tersebut terdiri dari 8.000 belum melakukan perekaman karena domisili luar daerah, belum terlayani dan sisa lainnya pencetakan ulang karena perbaikan. Sampai saat ini persentase jumlah total penduduk di Bantul yang memiliki e-KTP Bantul sudah menembus 99,15%.

Ketua Komisi C Aslam Ridlo mengimbau agar berbagai terobosan dilakukan Disdukcapil untuk mengejar target e-KTP ini. Pasalnya, selain karena adanya target waktu ditentukan pemerintah pusat, e-KTP sangat menunjang validasi kependudukan untuk berbagai keperluan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif