News
Kamis, 31 Juli 2014 - 13:30 WIB

Bantah Sumbang Rp20 M ke Israel, Messi Akan Tuntut Penyebar Gosip

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lionel Messi (Reuters)

Solopos.com, MADRID – Striker Barcelona, Lionel Messi angkat bicara soal kabar yang menyebut dirinya menyumbang Rp20 Miliar ke Israel. Messi membantah kabar tersebut dan akan menuntut media yang menyebarkan kabar bohong tersebut.

Masih ingat dengan rumor Lionel Messi menyumbang jutaan dollar untuk serangan Israel ke Gaza? Sang bintang sendiri kini yang angkat bicara. Messi bereaksi keras atas kabar itu dan menyatakan tak akan menyumbang untuk pembunuhan anak-anak tak berdosa.

Advertisement

“Israel membunuh anak-anak tidak berdosa. Saya tidak akan menyumbang untuk itu. Saya menggunakan uang saya untuk membangun sekolah-sekolah dan rumah sakit untuk warga miskin di Argentina,” kata Messi seperti dikutip dari Morocco World News.

Dalam beberapa hari terakhir, Messi memang mendapat kecaman dari banyak pihak di media sosial. Pasalnya Messi dikabarkan menyumbang satu juta euro hasil bonus membawa Argentina ke final Piala Dunia 2014 kepada Israel.

Advertisement

Dalam beberapa hari terakhir, Messi memang mendapat kecaman dari banyak pihak di media sosial. Pasalnya Messi dikabarkan menyumbang satu juta euro hasil bonus membawa Argentina ke final Piala Dunia 2014 kepada Israel.

Situs whatsupic.com, Sabtu (19/7/2014), memberitakan Messi telah menyumbang 1 juta euro atau sekitar Rp20 miliar untuk Israel. Situs itu tidak merinci kapan Messi menyumbang untuk Israel dan untuk tujuan apa.

Belakangan sejumlah situs juga ikut-ikutan menyebar berita dari sumber yang sama. Di Reddit bahkan juga muncul kecaman ke Pemain Terbaik Piala Dunia 2014 ini. Di tanah air situs berita Islampos jadi yang palin awal mengulas.

Advertisement

The National Interest Online dalam lansiran berjudul Iranian Press, Citing Algerian Parody Site, Claims Lionel Messi Donated €1m to Israelkhusus mengulas rumor ini. Situs ini menyebut klaim Messi telah menyumbang 1 juta euro tak berdasar. Pasalnya tidak ada konfirmasi apapun dari pihak terkait.

Whatsupic.com dianggap telah menutupi data yang sesungguhnya. Alih-alih memaparkan data soal sumbangan Messi ke Israel, situs ini malah membahas kedatangan Barcelona ke Israel.

Pada kenyataanya, Pada tahun 2013, Presiden Israel Shimon Peres, menjamu Barcelona di Israel. Peres bahkan ia memuji Messi dan tim sepak bola itu sebagai “utusan perdamaian” Israel.

Advertisement

“Saya menonton Anda sepanjang waktu,” kata Perdana Menteri Israel Benjami Netanyahu ketika itu.

Kunjungan Lionel Messi cs. dilaporkan sejumlah media termasuk The Guardian, pada 3 Agustus 2013. Saat itu Barcelona sedang menjalani lawatan bertajuk World Peace Tour ke Israel dan Palestina. Klub Catalan ini bahkan membuka klinik pelatihan untuk anak-anak di Palestina dan di Tepi Barat Israel.

Messi Tuntun Penyebar Gossip

Advertisement

Sedangkan versi Lionel Messi, kabar ini pertama kali dimuat situs satir Le Competiteur. Untuk lebih meyakinkan dimuat pula foto Messi sedang berada di Tembok Ratapan. Padahal foto tersebut diambil saat Messi mengunjungi Isreal dan Palestina bersama Barca tahun 2013.

Banyak orang yang tertipu dengan pemberitaan Le Competiteur dan menyebarkan kabar Messi menyumbang Israel. Bahkan banyak pengguna jejaring sosial yang mengunggah foto editan Messi memegang kaos yang berisi dukungan kepada Israel.
Merasa nama baiknya dicemarkan Messi langsung mengeluarkan bantahan. Messi menegaskan tidak memberikan sumbangan kepada Israel. Messi berniat menggugat Le Competiteur karena telah mencemarkan nama baiknya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif