Jogja
Rabu, 30 Juli 2014 - 06:15 WIB

LALU LINTAS LEBARAN : Banyak Dilanggar Pengendara, Penerapan Satu Jalur Diklaim Efektif

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lalu lintas di jalur Gunungkidul. (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Penerapan jalur searah menuju kawasan pantai di Gunungkidul belum sepenuhnya dipatuhi para pengendara. Pasalnya, masih banyak pengendara terutama kendaraan roda dua yang tetap nekat menerabasnya. Meski demikian, polisi mengklaim penerapan satu jalur efektif mengurai kepadatan lalu lintas.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan harianjogja.com, Selasa (29/7/2014), sejumlah pengendara masih nekat menerobos jalur yang dibikin searah untuk mengurai kemacetan kendaraan menuju lokasi wisata pantai. umumnya, kendaraan yang menerobos adalah kendaraan roda dua. Namun, terlihat beberapa mobil yang ikut menerabasnya.

Advertisement

“Kami masih memberikan toleransi dan hanya memperingatkan agar pengendara tidak melawan arus,” kata Kepala Satlantas
Polres Gunungkidul AKP M Faisal Pratama, Selasa (29/7/2014).

Dia menjelaskan guna mengurai kepadatan arus menuju pantai, Satlantas menerapkan jalur searah menuju pantai. Adapun jalur menuju pantai pengendara bisa melalui jalur jalan lintas selatan (JJLS) di Kecamatan Saptosari dan sepanjang Jalan Baron menuju ke Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

“Kami akan menempatkan petugas di simpul-simpul persimpangan. Contohnya, di pertigaan Mulo, bila dulu wisatawan bisa mengambil ke arah Tepus menuju Pulangsawal (Indrayanti) sekarang tidak bisa. Karena harus lewat jalur Pantai Baron,” ungkapnya.

Advertisement

Dia menambahkan, untuk jalur pulangnya, polisi akan mengarahkan lewat Tepus dan pengendara dilarang untuk berbalik ke jalur masuk.

“Rencananya jalur searah ini dibuka mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB tiap harinya,” kata Faisal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif