Lifestyle
Rabu, 30 Juli 2014 - 18:27 WIB

KULINER SOLORAYA : Ini Dia Sasaran Wisata Kuliner di Kottabarat...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana pusat kuliner malam khas Soloraua di Kottabarat, Solo, Jawa Tengah. (Habib Mukhtar Sanjaya/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Bagi Anda yang tengah berkunjung atau singgah ke Kota Solo di tengah libur Lebaran 2014 ini dan ingin mencoba wisata kuliner Soloraya, Kottabarat merupakan salah satu pilihan yang tepat. Warung-warung di kawasan itu mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menghabiskan malam Anda di Kota Bengawan.
Meskipun wilayah Kota Solo tidak memiliki pantai, tetapi di Kottabarat itu Anda bakal dengan mudah menjumpai olahan seafood. Namun bagi Anda yang tidak menyukai seafood, tak perlu khawatir, Kottabarat masih memiliki banyak menu lain yang dijamin bisa memuaskan rasa penasaran anda akan cita rasa kuliner Soloraya.
Di Kottabarat, Anda bisa menemukan puluhan warung yang menyajikan banyak menu, yang tentu saja akan memanjakan lidah Anda dalam melewati malam di Kota Solo. Langsung saja parkir di sebelah kiri atau kanan jalan dengan tarif parkir yang juga tidak terlalu mahal, Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.
Berikut ini catatan Solopos.com terkait warung-warung kaki lima yang mungkin layak Anda coba singgahi:

Pempek Dinasty
Dinasty adalah merek terpercaya bagi warga Soloraya untuk pempek—olahan ikan khas Palembang—di wilayah mereka. Kedai makan pempek Dinasty di Kottabarat terletak tepat di depan lapangan Kota Barat.
Hanya dengan merogoh kocek dan menebusnya dengan uang Rp8.000, Anda sudah bisa menikmati lezatnya pempek dengan saus khas dan irisan mentimun yang tentu menambah segar rasa pempek itu. Kedai pempek Dinasty yang diklaim asli Palembang itu buka dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Advertisement

Seafood Mbak Nur
Di depan lapangan Kota Barat juga terdapat Kedai Mbak Nur yang buka mulai pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB. Sesuai label Seafood Mbak Nur yang dipajang di warung kaki lima tersebut, menu hasil olahan seafood menjadi menu andalan.
Daftar menunya memuat olahan kakap, gurami, bandeng, dorang, cumi-cumi, udang, teri, kerang yang bisa digoreng ataupun dibakar. Warung Mbak Nur juga menambahkan nasi goreng seafood pada daftar hidangan yang bisa dipesan itu.
Daftar menu tersebut mencantumkan harga Rp17.000 sampai Rp37.000 untuk pelbagai olahan seafood yang disajikan pelayan Mbak Nur.

Tizada Burger

Advertisement

Tizada Burger

Di depan Lapangan Kota Barat, terdapat pula satu-satunya warung makanan siap saji modern, Tizada Burger. Warung itu mengandalkan piza, burger, dan hotdog sebagai menu utamanya. Anda hanya perlu membayar Rp10.000 sampai Rp17.000 untuk bisa menikmati penganan itu. Tizada Burger buka mulai pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Ikan Bakar Mbak Uut
Selain Seafood Mbak Nur, di depan Lapangan Kota Barat juga ada Kedai Ikan Bakar Mbak Uut yang menyajikan hidangan serupa. Sebelum sempat masuk ke dalam kedai, calon konsumen sudah dimanjakan para pengelola Ikan Bakar Mbak Uut dengan aroma khas ikan bakar yang menggoda.
Pada daftar menu yang tersedia di Kedai Ikan Bakar Mbak Uut tercantum beberapa tawaran spesial ikan bakar seperti kakap bakar, gurami bakar, bandeng bakar, dan cumi-cumi bakar. Dengan racikan bumbu rempah-rempah yang tepat, bumbu yang disiapkan pengelola Kedai Ikan Bakar Mbak Uut serasa begitu meresap ke dalam daging ikan.
Hanya dengan membayar Rp14.000 sampai Rp36.000 per porsi, konsumen bisa menikmati olehan hasil laut dengan cara dibakar yang disiapkan para pengelola Kedai Ikan Bakar Mbak Uut. Kedai Ikan Bakar Mbak Uut buka mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Advertisement

Warung Mbak Tiwi Slamet Riyadi Spesial Burung Dara
Warung Mbak Tiwi Slamet Riyadi adalah pilihan lain warung kaki lima yang bisa dijumpai di depan Lapangan Kota Barat. Seperti label yang tercantum di kain penutup lapak, di Warung Mbak Tiwi Slamet Riyadi itu Anda bisa mendapatkan banyak pilihan olahan burung dara dengan harga Rp14.000/porsi, bisa dibakar ataupun digoreng.
Meski menyebut diri warung spesial burung dara, pengelola Warung Mbak Tiwi Slamet Riyadi menambahkan pula olahan berbahan bebek, ayam, kakap, gurami, lele, bandeng, dorang, cumi-cumi, udang, teri, bahkan juga sayur asam ke daftar menunya. Seperti juga olahan berbahan dasar burung dara, bahan masakan itu juga bisa digoreng ataupun dibakar sesuai selera konsumen. Harga yang dipatok untuk pelbagai olahan hidangan itu mulai Rp14.000 hingga Rp35.000 per porsi.

Warung Sudi Mampir
Warung Sudi Mampir yang bertuliskan “Asli Jakarta” di sisi bawah kain penutup lapak itu mempunyai menu andalan sup kaki kambing dan sate kambing. Dengan Rp15.000 konsumen sudah bisa menikmati sup kaki kambing, dan dengan membayar Rp13.000 sudah bisa menikmati seporsi sate berisikan 10 tusuk potongan daging kambing ala Warung Sudi Mampir.
Sup kaki kambing dan sate kambing olahan Warung Sudi Mampir bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menggemari olahan masakan dari daging kambing, Sudi Mampir mulai buka di depan lapangan Kota Barat pukul 15.00 WIB sampai pukul 23.00WIB.

Nasi Liwet Bu Tris
nasi Liwet Bu Tris ini juga berada di depan lapangan Kota Barat, Ketika konsumen memasuki Warung Nasi Liwet Bu Tris khas Solo, Konsumen akan langsung disuguhi daftar menu yang diantarkan oleh wanita paruh baya yang nantinya juga akan mencatat pesanan. Menu spesial di warung Nasi Liwet Bu Tris ini adalah nasi liwet spesial (telur, ayam, ati ampela) dengan konsumen cukup membayar Rp14.000, atau Rp12.000 untuk nasi liwet komplet (telur, ayam) khas Warung Nasi Liwet Bu Tris
Tetapi konsumen juga bisa memilih olahan menu lainnya seperti ayam kampung, bebek, belut. yang bisa disajikan goreng ataupun bakar dengan membayar Rp14.000 utnutk satu porsinya, Nasi Liwet Bu Tris juga menambahkan menu lalapan trancam, ca kangkung, ca gudangan, ca bayem seharga Rp4.000 untuk satu porsinya. Warung Nasi Liwet Bu Tris buka mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 23.30 WIB

Advertisement

Lesehan Pak Bud
Berlokasi tepat di seberang jalan toko busana muslim House Of Shasmire, Warung Lesehan Pak Bud hadir dengan menu ayam bakar dan ayam goreng sebagai andalan. Warung Lesehan Pak Bud ini hadir dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan warung makan lain di wilayah Kottabarat. Hanya dengan Rp10.000, satu porsi ayam bisa digoreng atau dibakar.
Di Warung Lesehan Pak Bud juga ada menu tambahan yang lainnya seperti Udang, Cumi, Belut dan konsumen cukup membayar Rp16.000 untuk mendapat satu porsinya. Lesehan Pak Bud buka mulai pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB

Tengkeleng dan Nasi Kabuli
Warung tengklengan nasi kebuli berlaberl Nasi Kabuli berada di depan SDN 15 Solo. Nasi kebuli adalah nasi goreng kambing khas Timur Tengah, namun di Warung Nasi Kabuli ini tersedia nasi kebuli dengan irisan daging ayam atau daging sapi. Nasi kebuli di warung ini sudah bisa Anda bawa pulang atau nikmati di tempat dengan harga Rp15.000 untuk satu porsi nasi goreng ayam, dan Rp17.000 untuk satu porsi nasi goreng dengan irisan kecil daging sapi.
Warung yang juga menyediakan aneka olahan daging kambing dan aneka nasi goreng khas negara-negara Asia ini buka mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Es Kobar
Salah satu Kuliner Soloraya yang menjadi andalan di Kottabarat adalah Warung Es Kobar yang merupakan akronim Kottabarat yang dibuka pada era Reformasi silam. Warung es ini berada di seberang Lapangan Kota Baru. Bukan hanya es teler, es buah dan bakso serta mi ayam yang semula jadi andalan, warung itu kini juga menawarkan ayam goreng tulang lunak, ayam goreng kremes, dan ayam goreng penyet sebagai menu terbaru.
Selama Ramadan lalu, Es Kobar hanya buka mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB, namun kini telah normal kembali. Harga Es teler yang menjadi menu andalan di warung makan Es Kobar cukup terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp7.000 saja untuk mendapatkan satu porsi Es teler, dan Rp5.000 untuk Es buah. Dan dengan Rp10.000 Anda sudah bisa menikmati satu porsi olahan Ayam goreng dari warung makan Es Kobar.

Advertisement

Warung Lesehan Sukowati
Warung Lesehan Sukowati juga merupakan salah satu penghuni lawas deretan sajian khas kuliner Kottabarat. Dengan beralaskan tikar rotan seperti warung-warung lainnya di daerah Kottabarat, pengunjung dihibur dengan alunan gitar musisi lokal yang tampaknya memang dikhususkan untuk menghibur para pengunjung di Warung Lesehan Sukowati. Anda pun bisa memesan lagu favorit sebagai teman bersantap.
Warung Lesehan Sukowati mematok harga Rp17.000 untuk menu bandeng, lele, cumi, bebek, ayam, udang, jeroan sapi, Rp24.000 untuk kakap, dan Rp35.000 untuk gurameh. Bisa digereng ataupun dibakar.
Ketika Solopos.com berkunjung ke Warung Lesehan Sukowati tak sampai 10 menit pesanan ayam goreng dan segelas teh hangat sudah siap untuk dinikmati. Warung ini buka pukul 17.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

Warung Soto Pak-De
Lokasinya tepat di seberang jalan SDN 15 Solo, di Warung Pak-De ini Anda akan dilayani dengan sangat cekatan, kurang dari 5 menit konsumen akan mendapat satu mangkuk penuh nasi soto ayam khas Pak-De, dengan kuah yang masih panas dan ditambah bubuhan irisan daging ayam di atasnya.
Di warung Pak-De konsumen cukup merogoh kantung dan membayar Rp12.000 untuk soto ayam, soto daging, bakso daging sapi, mi ayam, mi bakso, ataupun nasi rames. Warung Pak-De mulai buka pukul 17.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. (Habib Mukhtar Sanjaya/JIBI/Solopos)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif