News
Rabu, 30 Juli 2014 - 13:41 WIB

KAPAL TENGGELAM : Kelebihan Penumpang, Berkat Bersaudara Tenggelam, 12 Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencarian korban tenggelam (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, JAKARTA — Kapal Berkat Bersaudara, Selasa (29/7/2014), tenggelam di kawasan perairan Kuala Kapuas, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kementerian Perhubungan, Rabu (30/7/2014), memastikan kapal itu kelebihan penumpang sehingga tenggelam dan menewaskan setidaknya 12 penumpangnya.

“Menurut Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan [KUPP] Kuala Kapuas, Wahyudi, penyebab tenggelamnya kapal tersebut karena kelebihan penumpang,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Advertisement

Ia memaparkan akibatnya terdapat 12 orang yang dinyatakan meninggal, sementara enam orang masih dalam pencarian, serta 42 orang selamat dan 15 sepeda motor hilang. Kapal penyeberangan antarkampung Berkat Bersaudara milik H. Iyus itu diketahui mengangkut 60 orang penumpang dan 15 sepeda motor.

Kapal tersebut tenggelam di antara Panamas Dolok Kuala Kapuas, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (29/7) pukul 08.45 WITA. “Pihak KUPP dan instansi terkait telah menarik kapal Berkat Bersaudara merapat ke Kampung Kapuas,” katanya.

Sedangkan upaya pencarian korban juga akan dilanjutkan pada Rabu ini.

Advertisement

Kapal nahas itu awalnya hendak berlayar dari Desa Panamas menuju Kota Kapuas, Kalimantan Tengah. Namun di tengah perjalanan, feri yang banyak mengangkut warga Kalimantan Tengah Selatan tersebut tenggelam di tengah Sungai Kapuas. Sebagian korban yang selamat sudah pulang ke rumah masing-masing dan sebagian lagi menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kualakapuas.

Tim penyelamat yang beranggotakan puluhan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kapuas, BPBD, Kodim, Polres dan Tagana yang dibantu Tim SAR Banjarmasin saat ini masih mencari korban yang belum ditemukan.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif