Soloraya
Rabu, 30 Juli 2014 - 23:31 WIB

JOKOWI PULANG KAMPUNG : Di Open House Jokowi, Kahyang Ayu Bagikan Buku, Eh Ada yang Dapat Amplop Uang Juga...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Begini suasana open house calon presiden terpilih Pilpres 2014 Joko Widodo alias Jokowi (kedua dari kanan) di Graha Sabha Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/7/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Calon presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Joko Widodo alias Jokowi menggelar acara open house di Gedung Graha Saba Buana, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/7/2014). Jokowi bersama istrinya, Iriana Joko Widodo, dan putri mereka, Kahyang Ayu, tiba di Gedung Graha Saba Buana sekitar pukul 09.15 WIB kendati warga telah menunggu mereka lebih dini.

Jokowi datang menggunakan mobil Kijang Innova berwarna hitam dengan pelat nomor AD 8631 UH. Kedatangan Jokowi langsung disambut tepuk tangan meriah dari tamu undangan yang datang. Jokowi tiba dengan menggunakan pakaian batik berwarna hijau, sedangkan sang istri menggunakan kebaya berwarna merah muda menyala.

Advertisement

Didampingi istri, Jokowi langsung berdiri di panggung. Acara open house pun dimulai dengan doa bersama yang dilanjutkan dengan sambutan sang capres terpilih Pilpres 2014. Sementara itu, Kahyang Ayu di sela-sela acara terlihat membagikan tiga buah buku tulis kepada setiap anak kecil yang ikut datang pada acara open house tersebut.

Tak hanya buku tulis, sebuah amplop berisi uang Rp25.000 juga diberikan. Sedangkan bagi warga tidak mampu, Jokowi membagikan uang Rp 50.000.

Advertisement

Tak hanya buku tulis, sebuah amplop berisi uang Rp25.000 juga diberikan. Sedangkan bagi warga tidak mampu, Jokowi membagikan uang Rp 50.000.

Salah seorang warga Colomadu, Sarano, yang berprofesi sebagai buruh bangunan ini datang bersama istri dan kedua anaknya untuk bertemu dengan Jokowi. Ia mengaku senang bisa bertemu dan bersalaman langsung. Apalagi kedua putranya mendapatkan buku tulis dan uang dari Jokowi. “Dapat amplop dua, satu punya anak saya isinya Rp25.000 dan saya Rp50.000,” tuturnya.

Tak hanya Sarono, R. Fitriyani, warga Banyuanyar bahkan tak kalah senang lantaran bisa mendapatkan tanda tangan Jokowi. Dia mengatakan akan memajang tanda tangan Jokowi dalam bingkai di ruang tamu rumahnya. “Tadi minta tanda tangan Pak Jokowi dan langsung ditandatangani di amplop yang saya bawa sendiri,” ujarnya.

Advertisement

Apresiasi serupa juga diberikan Jokowi terhadap warga Solo. Jokowi juga menyambut positif perolehan suara Pemilu Presiden di Solo yang berkisar 84,6 persen.  “Sebelum pilpres, saya mendapat kabar kalau tidak sedikit warga yang kecewa karena saya tinggal ke Jakarta [untuk menjabat Gubernur DKI Jakarta]. Namun ternyata perolehan suara di Solo tertinggi, kalau Solo kalah kan saya yang malu. Tapi kemenangan di Solo menunjukkan bahwa Solo masih tetap mendukung saya,” ujarnya.

Jokowi Dapat Amplop

Jokowi juga mengaku mendapat banyak masukan dari masyarakat dalam bentuk surat maupun lisan. “Ada amplop beratus-ratus. Enggak tahu belum dibaca [apa isinya]. Pak, niki usulan, niki usulan, banyak sekali. Banyak surat yang dititipkan. Yang lisan juga banyak terutama soal pendidikan dan kesehatan,” kata Jokowi.

Advertisement

Di singgung ribuan orang yang bersilaturahmi dengannya, Jokowi mengatakan kedatangan masyarakat merupakan hal yang tidak bisa dicegah. Pihaknya pun sebenarnya tidak mengumumkan adanya open house meskipun dihadiri ribuan orang.

“Kami enggak bisa mencegah. Ini kan enggak kami umumkan kan. Kalau diumumkan, enggak muat. Kemarin rencana di rumah tetapi kami batalkan. Karena denger-denger dari kampung-kampung mau datang. Kita balik di gedung,” terangnya.

Suami Iriana ini mengakui, saat open house ia bertemu dengan banyak teman lama yang sudah lama tidak bertemu. Ada teman SD, SMP, SMA, teman saat masih mahasiswa hingga teman kampung. Sementara ditanya apakah akan menggelar open house di Solo saat resmi menjadi Presiden nanti, Jokowi mengaku akan menggelarnya. Hanya, lanjut dia, tempatnya mungkin akan berubah-ubah. “Bisa di sawah, di jalan atau di mana-mana.” Seusai open house, Jokowi berencana berziarah ke makam ayahnya di Kragan, Gondangrejo, Karanganyar pada Kamis (31/7/2014).

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif