Soloraya
Selasa, 29 Juli 2014 - 20:02 WIB

WISATA WONOGIRI : Pengelola WGM Targetkan 110.000 Pengunjung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung mengamati koleksi hewan baru di Taman Satwa Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Selasa (28/7). Masyarakat memanfaatkan libur Lebaran 2014 dengan mendatangi lokasi wisata paling terkenal di Wonogiri tersebut. (JIBI/Solopos/Ivan Andimuhtarom)

Solopos.com, WONOGIRI–Pengelola objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri menargetkan adanya 110.000 pengunjung yang datang ke lokasi tersebut pada libur Lebaran 2014. Jumlah itu meningkat dibandingkan realisasi jumlah pengunjung pada momentum yang sama tahun lalu.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Objek Wisata WGM, Pardiyanto, saat ditemui Espos di kantornya, Selasa (29/7/2014), mengatakan melonjaknya jumlah pengunjung sudah terlihat sejak hari H Lebaran atau Senin (28/7/2014). Tercatat, tak kurang dari 4.000 pengunjung sudah memasuki objek wisata itu.

Advertisement

“Kemungkinan hari ini [Selasa] jumlahnya lebih banyak dibanding Senin jika melihat tren yang terjadi tahun lalu. Kami optimistis pengunjung bisa lebih dari 10.000 orang hari ini,” kata dia.

Ia menjelaskan, pengelola menargetkan jumlah pengunjung hingga 110.000 orang  pada rentang waktu 28 Juli-6 Agustus 2014, atau ia sebut sebagai paket libur Lebaran. Jumlah itu, lanjutnya, lebih besar dari realisasi paket libur Lebaran 2013 yang menembus angka 102.000 pengunjung.

Advertisement

Ia menjelaskan, pengelola menargetkan jumlah pengunjung hingga 110.000 orang  pada rentang waktu 28 Juli-6 Agustus 2014, atau ia sebut sebagai paket libur Lebaran. Jumlah itu, lanjutnya, lebih besar dari realisasi paket libur Lebaran 2013 yang menembus angka 102.000 pengunjung.

“Boleh saja kan kami menargetkan jumlah yang lebih besar. Demikianlah target kami,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan kepada para pengunjung, kata dia, pihaknya menyiapkan beberapa event kesenian seperti pentas orkes melayu sepekan penuh; musik regge pada Senin (4/8), tembang kenangan pada Sabtu (2/8) dan Selasa (5/8) dan solo organ yang akan ditampilkan pada Rabu (6/8). Pihaknya juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memaksimalkan pelayanan di bagian ticketing dan parkir.

Advertisement

Selain itu, UPT Objek Wisata WGM dibantu oleh personel dari Polres Wonogiri untuk pengaturan lalu lintas dan pengamanan air. Pengelola juga menyewa 15 tenaga kebersihan untuk mengantisipasi sampah yang tercecer di lokasi itu.

“Karena pengunjung bertambah, sampah biasanya juga bertambah. Kalau mengandalkan 13 tenaga kebersihan harian sepertinya tidak sanggup,” katanya.
WGM dibuka pada pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 17.30 WIB selama libur Lebaran. Pengelola membuat kebijakan menaikkan harga tiket, dari yang biasanya Rp6.500 per tiket menjadi Rp13.000 selama paket libur Lebaran 2014.

Tambahan Satwa

Advertisement

Pardiyanto menambahkan, Taman Satwa Objek Wisata WGM mendapat delapan koleksi spesies baru dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah belum lama ini. Kini, kandang yang tersedia di taman satwa hampir penuh.

“Tambahan satwa itu ada 6 ekor buaya, 6 ekor merak hijau, 3 ekor elang bondol, 1 ekor burung pecuk ular, 2 ekor lutung Jawa, 2 ekor siamang, 2 ekor biawak dan 1 ekor ular sanca kembang,” kata dia.

Salah seorang pengunjung asal Dusun Jito, Desa Ngepungsari, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, Yono, 27, saat ditemui solopos.com di WGM, Selasa, mengaku selalu datang ke WGM saat libur Lebaran. Menurut dia, hal itu sudah menjadi semacam tradisi yang ia lakukan sejak masih bujang.

Advertisement

“Ini barenga keluarga. Tadi sudah naik kapal, lalu anak saya, Rizki Maulana mengajak saya dan istri melihat hewan-hewan di taman satwa ini. Beberapa binatangnya memang baru,” terang lelaki yang sehari-hari merantau ke Bekasi, Jawa Barat itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif