Jogja
Selasa, 29 Juli 2014 - 15:29 WIB

WISATA LEBARAN 2014 : 10 Objek Wisata di Jogja (Bagian 1)

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jalan Malioboro

Harianjogja.com, JOGJA-Sedang liburan di Jogja, tapi bingung ingin kemana? Mungkin 10 objek wisata ini dapat menjadi referensi.

Malioboro
Siapa orang yang tak tahu Malioboro? Begitu menjejakan kaki di Jogja, tentu wisatawan dalam dan negeri harus mengunjungi jantung kota Jogja ini. Di tempat ini, Anda dapat membeli aneka pernak-pernik khas Jogja, seperti kaos, sandal, baju maupun aksesoris lain.

Advertisement

Pasar Beringharjo yang berada di ujung Malioboro juga terdapat di area ini. Di tempat tersebut Anda dapat menemukan kebutuhan sandang, pangan maupun kerajinan tangan berciri Jogja.

Sst, sebagai tips untuk mendapatkan barang murah. Cobalah untuk menawar hingga 50% dari harga awal. Akan lebih baik jika Anda bisa berbahasa jawa. Siapa tahu si penjual jadi ‘melunak’ dan memberikan harga miring.

Advertisement

Sst, sebagai tips untuk mendapatkan barang murah. Cobalah untuk menawar hingga 50% dari harga awal. Akan lebih baik jika Anda bisa berbahasa jawa. Siapa tahu si penjual jadi ‘melunak’ dan memberikan harga miring.

Masuk musim liburan, apalagi Lebaran, dapat dipastikan Jogja bakal macet. Untuk mengurangi risiko kemacetan, Anda dapat memanfaatkan transportasi publik yang tersedia. Ada Trans Jogja, bus kota, becak atau andong. Jika ingin berpetualang, maka jalan kaki terasa lebih pas.

Kraton Jogja
Kraton Jogja atau istana bagi Raja Ngayogyakarta Hadiningrat beserta keluarga ini terletak tak jauh dari Malioboro. Di lokasi ini Anda dapat melihat sisi depan ‘rumah’ Sultan. Di sekitar Kraton juga ada Museum Kraton, Sonobudoyo dan Jogja Gallery yang dapat jadi ‘sasaran’ kunjungan selanjutnya.

Advertisement

Taman Sari
Taman Sari Jogja merupakan bekas taman atau kebun istana Kraton Jogja. Dibangun zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I), awalnya lahan ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Saat ini sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Dari sekian bagian Taman Sari, cerita mengenai Umbul Pasiraman lebih dikenal masyarakat. Akibatnya sebagian wisatawan lokal lebih mengenal Taman Sari sebagai kolam pemandian bagi Sultan, para istri beliau serta putri-putri beliau. Adapun, Taman Sari memiliki berbagai bagian yang menarik.

Gembira Loka Zoo
Patut diakui jika Gembira Loka Zoo tidak sebesar Taman Safari. Tapi bukan berarti tidak ada yang dilihat dari kebun binatang ini. Selain memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap, penataan Gembira Loka Zoo kini juga semakin apik sehingga Anda dan keluarga dapat bebas bercengkrama.

Advertisement

Oya, belum lama ini Gembira Loka Zoo juga mendapat bantuan dari Singapore Zoo berupa penguin afrika. Bagaimana cara hidup maupun kebiasaannya, Anda dapat menyaksikan secara langsung.

Mengingat saat ini sedang libur lebaran, jumlah pengunjung di kebun binatang ini diperkirakan akan melonjak. Alhasil jalan masuk maupun area parkir akan penuh. Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan transportasi umum menuju kawasan tersebut.

Taman Pintar
Nah, lokasi ini merupakan wahana wisata edukasi yang ada di sisi Timur Malioboro. Tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Jogja. Tempat ini terbagi dalam beberapa zona yang ditilik. Jika ingin menghemat biaya, Anda dapat memanfaatkan play ground yang dapat diakses secara gratis.

Advertisement

Di dekat Taman Pintar, terdapat pula Shopping Center atau pusat penjualan buku. Anda dapat menemukan aneka literatur baik baru dan bekas dengan harga yang terjangkau. Lokasi ini juga disebut-sebut sebagai tempat kunjungan wajib wisatawan Malaysia yang berburu buku.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif