Jogja
Selasa, 29 Juli 2014 - 18:22 WIB

WISATA LEBARAN 2014 : 10 Objek Wisata di Jogja (Bagian 2)

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisata Gua Pindul Gunungkidul (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Harianjogja.com, JOGJA-Masih dengan referensi objek wisata di Jogja, kali ini Harianjogja.com memberikan daftar tempat wisata alam dan peninggalan sejarah.

Gua Pindul
Terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, lokasi ini menawarkan petualangan air atau cave tubing. Anda dapat menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua.

Advertisement

Pada Lebaran 2014, kawasan ini tetap beroperasional. Hanya, jumlah pengunjung dibatasi menjadi 2.000 orang per hari. Tujuannya tentu untuk keamanan serta kenyamaan pengunjung.

Barisan Pantai Cantik di Gunungkidul
Gunungkidul merupakan kawasan yang dikelilingi pergunungan karst. Dibalik daerah kapur yang kering, Gunungkidul menyimpan berbagai pantai cantik yang dapat Anda jajal. Sebut saja, Indrayanti, Baron, Kerakal, Kukup, Sundak, Timang, Ngobaran, Sadeng, Wediombo dan masih banyak pantai lain. Tinggal pilih pantai yang sesuai minat Anda.

Lava Tour Merapi
Wisata petualangan alam ini memang tengah naik daun. Tidak hanya wisatawan lokal, turis asing pun tertarik menjajal objek wisata ini. Di lokasi ini andrenalin dapat terpacu sebab wisatawan diajak menikmati secara langsung sisa lahar erupsi gunung merapi mengunakan jeep. Jalan yang tidak rata, rute yang mengelilingi pedesaan maupun sungai di tengah hamparan pasir dan batu-batu besar jadi daya tarik tersendiri yang sayang jika dilewatkan.

Advertisement

Candi di Sleman
Sleman merupakan daerah yang memiliki beragam pesona candi. Adapun candi besar yang banyak dikunjungi adalah Candi Prambanan dan Candi Boko. Namun selain itu, terdapat pula candi-candi kecil seperti Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Sambisari dan masih banyak lagi.

Khusus untuk candi-candi kecil, pengelola tidak menerapkan nominal tertentu sebagai retribusi alias seikhlasnya. Tapi, ada juga candi kecil yang gratis sehingga meringankan anggaran Anda.

Orangutan Center
Tak perlu jauh-jauh ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Di Jogja pun ada konservasi orang utan yang dapat Anda tilik langsung. Tepatnya di Jogja Orangutan Centre yang terletak di Dusun Paingan RT 007 RW 004, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia (DIY). Hanya untuk memasuki wilayah ini, Anda perlu melakukan perjanjian dengan pengelola. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi +62-274-7493977.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif