Lifestyle
Selasa, 29 Juli 2014 - 09:23 WIB

10 Kuliner Wajib Santap di Jogja (Bagian 2)

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (yogyakarta.panduanwisata.com)

Harianjogja.com, JOGJA-Sudah mulai terasa kenyang dan ingin pulang? Eits jangan dulu, Harianjogja.com masih memiliki daftar makanan yang dapat jadi teman perjalanan atau sebagai buah tangan Anda.

Bakpia
Ya, enggak lengkap rasanya pulang dari Jogja tidak membawa bakpia. Bagi Anda yang tengah berada di Malioboro, Jalan AIP II KS Tubun, Pathuk Jogja dapat menjadi ‘pendaratan’ berikutnya. Di tempat ini Anda dapat menemukan deretan penjual bakpia. Dari yang sudah ternama seperti Bakpia Pathuk 75, Bakpia Pathuk 25 maupun merek lain.

Advertisement

Bila tengah berkunjung ke Sleman, Anda dapat mengunjungi sentra bakpia di Minomartani, Condong Catur, Sleman. Di tempat ini, bakpia dikelola oleh rumah tangga, sehingga pembelian dengan jumlah banyak harus dengan pemesanan.

Ingin rasa bakpia yang berbeda? Maka bakpia ubi ungu dapat menjadi oleh-oleh Anda. Penjualnya belum terlalu banyak tetapi cukup tersebar. Misalnya seperti Telopia di Jalan Wates KM.9 Bantul, Bakpia Ayu, Jalan Monjali 199, Bakpia 5555 di Toko Makmur  Dusun Kejambon Kidul (dekat pasar Jambon), desa Sindumartani, kecamatan Ngemplak, Sleman maupun Omahe Bakpia, Jalan Mangunegaran Kidul no 18 Jogja.

Selain itu, ada pula bakpia Kurnia Sari yang dapat Anda jajal. Varian rasa yang ditawarkan produsen ini sebenarnya sama dengan bakpia lain. Namun, orang menyebut panganan ini lebih kering. Jika penasaran mencicipi, silakan ke Jalan Glagahsari 112 atau 91 C atau ke Ruko Pogung.

Advertisement

Keripik Belut dan Bayam
Rasa garing dan gurih dari keripik belut dan keripik bayam memang pantas jadi teman santai atau perjalanan Anda. Pasar Godean menjadi lokasi yang dirujuk masyarakat Jogja atau wisatawan saat ingin menyantap camilan ini.

Tapi, mulai 11 Maret 2014, penjual keripik ini boyongan ke Pusat Jajan dan Kuliner Belut di Jalan Godean. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi semula. Anda cukup melaju ke arah timur, sekitar empat meter dari perempatan Pasar Godean. Nah, di Selatan jalan ada bangunan baru yang bertuliskan Pusat Kuliber Belut Godean.

Kipo
Camilan ini merupakan makanan khas Kotagede, Jogja. Bentuknya lonjong dan berwarna hijau. Di bagian dalam, kipo diisi dengan parutan kelapa dan gula jawab. Sementara cara memasaknya cukup dengan dibakar di atas wajan tanah liat. Rasa sangit yang dihasilkan membuat kudapan ini terasa lebih nikmat.

Advertisement

Tiwul Yu Thum
Jika Anda sedang bersantai di Gunungkidul, maka tiwul dan gatot Yu Thum dapat menjadi pilihan. Panganan dari singkong ini ternyata tidak hanya ternama di tingkat daerah. Sebab, orang-orang dari negara tetangga pun pernah merasakan makanan ini. Adapun makanan ini bisa Anda dapatkan di Jalan Pramuka No.36 Wonosari Gunungkidul [Pusat] serta dua cabang yang terletak di Jalan Wonosari-Jogja, KM 3.5 Siyono Tengah dan Jalan Baron KM. 04 Dunggubah Duwet Wonosari Gunungkidul. Jika tidak familier dan penasaran dengan bentuknya, coba buka gathotthiwulyutum.com.

Cokelat Jogja
Ya, ada kabar baik, kini Jogja memiliki beberapa merek cokelat lokal. Salah satunya adalah Monggo. Cokelat lokal yang diolah seperti produk Belgia ini sudah cukup punya nama. Jika ingin menilik varian rasa, Anda dapat bermain ke www.chocolatemonggo.com.

Bagi yang ingin merasakan sesuatu yang baru, maka cokelat Roso dapat jadi pilihan. Anda dapat membeli di Jalan Sultan Agung, No. 46 Jogja (depan Pakualaman) atau di Jalan Kaliurang KM. 54,6 Sleman. Kemudian, bagaimana dengan cokelat Solkate? Produk ini bisa didapatkan di kawasan Suryo Pranoto Jogja. Jika ingin melihat-lihat, silakan buka http://www.soklatejogja.com. Nah, ada juga cokelat nDalem. Ruang usaha cokelat ini terletak di Jalan Kauman 32, Jogja. Mengenai keunikan produk ini, berikut situs yang dapat Anda kunjungi www.cokelatndalem.co.id

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif