Soloraya
Senin, 28 Juli 2014 - 02:00 WIB

LEBARAN 2014 : Arus Balik, Harga Tiket Bus Sragen-Jakarta Naik 120%

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SRAGEN — Tiket bus pada arus balik Lebaran kali ini meningkat tajam. Untuk bus Sragen-Jakarta, tercatat rata-rata kenaikan mencapai 120%.

Pengelola Agen PO (Perusahaan Otobus) Bogor Indah, Catur, menyampaikan saat harga tiket bus pada hari biasa sekitar Rp150.000 tapi sekarang mencapai Rp340.000 untuk kelas VIP. Dia menjelaskan kenaikan harga yang tinggi tersebut disebabkan hanya satu arah yang membawa penumpang, yakni dari Sragen menuju Jakarta. Oleh karena itu, beban untuk kekosongan penumpang saat dari Jakarta menuju Sragen dibebankan kepada penumpang arus balik.

Advertisement

“Masing-masing PO memiliki kebijakan sendiri, kalau kami kebijakannya menaikkan harga 120%. Itu untuk yang menggunakan bus regular, kalau yang menggunakan bus tambahan, harganya bisa lebih murah. Selisihnya tidak banyak, hanya Rp5.000-Rp10.000 per tiketnya,” ungkap Catur saat ditemui Solopos.com di Terminal Pilangsari, Senin (28/7/2014).

Dia menjelaskan harga tiket untuk bus tambahan adalah Rp285.000. Menurut dia, perbedaan harga tersebut terjadi karena kelas bus yang digunakan juga berbeda. Bus regular biasanya menggunakan bus AC patas sedangkan bus tambahan menyewa bus pariwisata.

Selain itu, harga bus regular sudah ditentukan langsung dari kantor pusat sedangkan bus tambahan, pihaknya menyewa bus pariwisata. Hal tersebut karena dari kantor pusat tidak menyediakan bus tambahan, padahal permintaan cukup tinggi.

Advertisement

Meski begitu, dia mengaku sengaja memilih bus pariwisata untuk digunakan sebagai bus tambahan supaya tidak menyecewakan penumpang mengingat kondisi bus tersebut biasanya selalu bagus. Dia menyebutkan saat ini sudah menambah tiga hingga empat bus tambahan sehingga saat ini menjadi sembilan armada.

“Bus regular berangkatnya dari madiun jadi di Sragen biasanya hanya kebagian empat sampai lima kursi di setiap bus. Tapi kalau bus tambahan, berangkat dari Sragen karena itu menyewa sendiri,” ujarnya.

Meski sudah mengoperasikan bus tambahan, Catur menyebutkan penjualan tiket arus balik kali ini masih sepi. Menurut dia, masyarakat akan mulai banyak memburu tiket bus pada Rabu-Kamis (30-31/7/2014). Lebih lanjut, dia menyampaikan saat ini tiket yang sudah terjual habis, untuk keberangkatan Sabtu-Minggu (2-3/8/2014).

Advertisement

Pengelola Agen PO Royal Sragen, Agus, menyampaikan harga tiket saat arus balik ini adalah Rp270.000 dari harga regular Rp135.000. Menurut dia, harga tersebut akan terus bertahan hingga arus balik selesai. Namun dia mengatakan hingga saat ini belum ada bus tambahan karena masih sepi peminat.

Meski begitu, pihaknya optimistis arus balik tahun ini lebih ramai jika dibandingkan tahun lalu. “Untuk sementara yang ramai baru perjalanan untuk Jumat-Senin [1-4/8/2014],” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif