Sport
Minggu, 27 Juli 2014 - 04:58 WIB

PERSAINGAN LIGA INGGRIS : Mata Sebut Formasi Baru Bikin MU Lebih Berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, DENVER — Di bawah asuhan Louis van Gaal, Manchester United kemungkinan akan memakai formasi yang tak biasa, 3-5-2. Perubahan taktik ini disambut positif oleh Juan Mata yang menilai ‘Setan Merah’ akan lebih berbahaya.

Van Gaal sukses menerapkan taktik itu bersama timnas Belanda di Piala Dunia lalu, meski boleh dibilang itu adalah ketidaksengajaan mengingat Oranje harus kehilangan gelandang bertahan mereka Kevin Strootman.

Advertisement

Namun justru formasi itu membuat Belanda lebih oke dan berbuah peringkat ketiga terbaik di turnamen itu. Selepas itu Van Gaal kemudian menjalani tugas barunya sebagai manajer MU.

Media-media pun sudah memprediksi bahwa MU akan bermain dengan formasi 3-5-2 itu dan benar saja ketika menghadapi Los Angeles Galaxy di partai pertama pramusim, The Red Devils tampil trengginas dan menang 7-0.

Memang itu masih sekadar laga ujicoba, namun apa yang diperlihatkan anak-anak Manchester Merah di laga itu sudah membuktikan bahwa formasi Van Gaal ini akan berjalan mulus sepanjang musim nanti.

Advertisement

“Formasi ini akan sangat berbahaya untuk lawan-lawan kami. Akan sulit bagi mereka melawan kami yang bermain dengan formasi ini,” ujar Mata seperti dilansir detiksport mengutip Soccernet.

Mata sendiri ditempatkan sebagai penyerang lubang, di belakang duet striker Wayne Rooney dan Danny Welbeck. Posisi yang memang jadi favorit Mata dan “terpaksa” ditinggalkannya dalam semusim terakhir yang membuat performanya menurun.

“Posisi favorit saya adalah jika bermain di belakang dua striker – saya bisa memegang bola lebih sering, saya bisa mencoba untuk memberi umpan atau gol, jadi saya akan coba tampil sebaik mungkin. Saya akan coba mencetak gol sebanyak mungkin yang saya bisa dan membantu tim dari posisi itu,” sambungnya.

Advertisement

“Jika saya memang harus bermain di saya, saya juga akan tampil sebaik mungkin, tapi saya lebih nyaman bermain di posisi ini,” demikian Mata. (JIBI/SOLOPOS)

Gelandang Manchester United Juan Mata (8) membuat gol saat melawan AS Roma. JIBI/Rtr/Ron Chenoy-USA

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif