Soloraya
Minggu, 27 Juli 2014 - 21:03 WIB

MUDIK LEBARAN 2014 : H-1 Lebaran, Pertigaan Palur Lengang

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perlintasan kereta api Palur (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Memasuki H-1 Lebaran, Minggu (27/7/2014), situasi arus lalu lintas di Pertigaan Palur lengang. Pantauan Solopos.com, kendaraan yang melintas didominasi kendaraan roda dua berpelat nomor lokal. Meskipun begitu, masih terlihat sejumlah kendaraan roda empat berpelat nomor luar kota melintas dengan kecepatan tinggi.

Pertigaan Palur adalah salah satu titik kemacetan arus mudik dari dan menuju Solo. Pada H-2, atau Sabtu (26/7/2014), sekitar lima petugas dari Polres Karanganyar dibantu Satpol PP Karanganyar bersiaga mengurai kemacetan di tempat tersebut. Meskipun begitu jumlah kendaraan yang menumpuk tak sebanyak tahun sebelumnya.

Advertisement

Tidak adanya penumpukan kendaraan di Palur karena arus kendaraan menuju Sragen dari arah Solo dipecah. Bus dan kendaraan besar ke Surabaya diarahkan membelok ke utara melalui terminal Palur. Sebagian lainnya diarahkan menuju Tawangmangu. Pembangunan fly over Palur yang telah dihentikan jauh sebelum arus mudik, juga membuat arus lalu lintas berjalan lancar.

Berdasarkan data, Jl.Raya Solo-Sragen KM 9 hingga KM 13 adalah black spot untuk wilayah Karanganyar. Di tempat tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Minimnya penerangan, struktur jalan rata dan lurus, membuat pengemudi memacu kecepatan tinggi hingga menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, pertigaan bottleneck Sroyo juga menjadi salah satu titik rawan kecelakaan lalu lintas. Karena itu, di sebelah Pos Polisi Sroyo, ditempat satu pos pengamanan yang dilengkapi rest area. Sejumlah petugas kesehatan juga siaga di lokasi itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif