Jogja
Minggu, 27 Juli 2014 - 14:27 WIB

LEBARAN 2014 : Tak Dapat Hotel di Jogja? Home Stay Bisa Jadi Alternatif

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Home stay di Jogja (JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA-Anda ingin menikmati libur Lebaran di Jogja tapi kehabisan kamar hotel? Tidak perlu khawatir. Saat ini banyak home stay yang siap menerima tamu di Kota Wisata ini. Ada yang memberi jasa layanan per kamar atau satu rumah. Dari sisi biaya tentu harga home stay jauh lebih murah dibanding hotel. Berikut homestay yang dapat jadi pilihan

Ndalem Bantul Resort
Penginapan ini terletak di kampung Prancak Sawit, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Awalnya bangunan ini merupakan rumah berukuran besar yang memiliki sembilan ruang dan satu kamar utama. Namun karena pemilik melirik usaha penginapan dua tahun lalu, mulailah rumah berlantai dua ini diubah menjadi home stay. Kini rumah tersebut telah berubah wajah, memiliki 15 kamar dengan berbagai kelas layaknya hotel.

Advertisement

Kelas utama dibanderol dengan harga Rp800.000 per malam, sementara kelas paling rendah seharga Rp360.000 per malam. Berbagai penawaran menarik disajikan di sini, di antaranya fasilitas kolam renang, treadmill hingga spa. Didik Haryanto, pengelola homestay Ndalem Bantul mengakui menjelang Lebaran kali ini 80% kamar telah terpesan. Sebagian besar tamu adalah wisatawan domestik.

Nakku Homestay
Febriana Sinta, 37, baru tahun ini membuka bisnis homestay di wilayah Sleman, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 8,5. Homestay ini awalnya rumah tinggal, lalu disulap menjadi homestay karena tidak dipakai. Homestay yang terdiri dari dua kamar ini dekat dengan Monumen Jogja Kembali dan tempat kuliner seafood seperti Jimbaran, Pari-pari, dan Bebek Tepi Sawah.

“Untuk musim libur Lebaran okupansi kamar masing longgar. Jadi kami masih menerima tamu untuk menginap di rumah kami,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (22/7/2014).

Advertisement

Untuk soal harga, Sinta mengaku pas di kantong wisatawan. Untuk satu rumah yang terdiri dari dua kamar, dapur, satu ruang tamu, satu ruang makan dan garasi, Sinta hanya membanderol Rp450.000 per malam. Home stay yang diberi nama Nakku ini memang terletak di kawasan perumahan, yang masih kentara kehidupan kampung. Menurut Sinta, home stay miliknya lebih menawarkan lokasi yang strategis karena dekat dengan beberapa objek wisata di Sleman, seperti Kaliurang, Museum Gunung Merapi dan Monumen Jogja Kembali.

Tegal Panggung
Untuk Anda yang berniat menikmati masa liburan Lebaran di dekat kawasan Malioboro, Anda bisa mencoba home stay Tegal Panggung. Hunian ini berlokasi di sebelah timur Malioboro, tepatnya di Jalan Tegal Panggung 39, Jogja.

Home stay ini cukup unik karena sepintas rumah ini laiknya kediaman milik orang Jepang. Hal itu tampak dari banyaknya material kayu yang digunakan di hampir 70% bagiannya. Restya Harmoko, General Manajer Tegal Panggung, untuk okupansi selama libur Lebaran, delapan kamar mulai 28 Juli hingga 2 Agustus sudah terisi. Tegal Panggung menyiapkan fasilitas kamar tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur dan taman. Kelebihannya, tamu yang berkunjung bisa memasak layaknya di rumah sendiri. Pengelola menyiapkan mi instan, kopi, the, gula dan sayuran jika tamu ingin memasak.

Advertisement

“Satu kamar dibanderol Rp500.000 untuk tipe deluxe. Kami memang menawarkan penginapan yang membuat tamu serasa di rumah sendiri,” tambah Restya.

Nah, sudahkah Anda memilih home stay yang akan menemani liburan Anda di Jogja?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif