Jogja
Minggu, 27 Juli 2014 - 08:21 WIB

LEBARAN 2014 : SAR Baron Pasang Rambu-Rambu Impes

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemasangan banner peringatan tentang impes di Pantai Kukup, Kemadang, Tanjungsari, Sabtu (26/7/2014). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Tim Search And Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II memasang rambu-rambu peringatan tentang biota laut impes atau Kapal Perang Portugis di sejumlah titik sepanjang pantai, Sabtu (26/7/2014).

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Marjono mengungkapkan banner yang dipasang berisi penjelasan singkat mengenai biota laut impes. Rambu-rambu juga dilengkapi dengan gambar impes sehingga wisatawan bisa mengenalinya. Wisatawan diharapkan berhati-hati ketika melihat hewan laut tersebut.

Advertisement

“Impes biasanya muncul ketika cuaca mulai dingin. Menjelang puasa, sudah ada wisatawan yang terkena. Namun karena ada kiriman hujan, impes kembali hilang,” ungkap dia di Pantai Kukup, Kemadang, Tanjungsari, Sabtu (26/7/2014).

Marjono menambahkan ada 11 banner yang dipasang di sembilan titik. Satu banner berukuran lebih besar dipasang di selatan Tempat Penarikan Retribusi (TPR) beserta ucapan selamat Lebaran. 10 banner dengan ukuran kecil dipasang di delapan titik pantai.

“Kami pasang di Pantai Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Ngandong, Sundak, Pulang Sawal dan Pok Tunggal,” imbuh dia. SAR Satlinmas Wilayah II bersama Korps Sukarela (KSR) PMI Gunungkidul dalam pembuatan banner tersebut.

Advertisement

Wakil Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Sukamto menambahkan pemasangan banner dilakukan usai apel siaga SAR Satlinmas Wilayah II di area parkir Pantai Baron. Apel siaga tersebut diikuti 55 anggota SAR Satlinmas Wilayah II.

“Apel siaga ini kami gelar untuk persiapan pengamanan selama libur Lebaran 2014,” ungkap dia.

Tim SAR Satlinmas Wilayah II akan bersiaga penuh mulai H-2, 26 Juli hingga H+6, 3 Agustus 2014. 55 personil akan ditempatkan di 10 titik pantai. Untuk titik pantai yang dirasa masih kekurangan personil, akan di-back up oleh relawan dari PMI Gunungkidul, Basarnas dan SAR DIY.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif