Jogja
Minggu, 27 Juli 2014 - 07:20 WIB

LEBARAN 2014 : Puncak Arus Mudik Bantul Hari Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemudik bersepeda motor memadati jalur Karawang-Cikampek (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, BANTUL – Ribuan Pemudik tujuan sudah tiba tujuan kampung halaman di Bantul, Sabtu (26/7/2014). Jumlah pemudik datang akan terus bertambah sejalan akhir puncak arus mudik Minggu (27/7/2014) hari ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bantul Mahmudi mengatakan memang tidak ada data yang tepat untuk melihat angka pemudik tujuan Bantul. Hanya saja dari koordinasi dan pantauan di sejumlah kecamatan sanak saudara diperantauan sudah tiba di tujuan mudik bumi projotamansari.

Advertisement

“Kami hanya bisa memantau dan memprediksi saja sudah banyak sanak saudara dari perantauan yang tiba di tujuan mudik keluarga di Bantul,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Sabtu (26/7/2014).

Selain terpantau dari tingkat keramaian penduduk yang mulai meningkat, banyak mobil plat luar daerah yang sampai tujuan rumah sanak saudara di Bantul. Bersamaan itu, jalur mudik jalan kecamatan dan desa meningkat dengan kehadiran mobil luar daerah.

Pemkab memprediksi sampai akhir pekan lalu sudah ada ribuan pemudik tujuan Bantul tiba kampung halaman. Di Bantul daerah pemudik terbanyak di beberapa kecamatan diantaranya Dlingo, Jetis, Sanden, Pandak, Kretek, Bantul, dan Sewon dan Bambanglipura.

Advertisement

Pantauan dijalur mudik Bantul, arus lalu lintas tumpah ke sejumlah jalur utama wilayah Bantul sejalan dibukanya jalur mudik selatan Toyan-Srandakan juga jalur utama mudik DIY tepatnya Jalan Wates. Penumpukan kendaraan terlihat “mengular” panjang di tiap titik trafick light. Salah satunya, perempatan Klodran yang menjadi pusat jantung perkotaan Bantul. Setiap kendaraan yang melintas jalur ini setidaknya kena tiga kali  lampu merah menyusul tidak adanya perubahan durasi waktu trafick light.

Kepadatan arus lalu lintas juga terlihat di beberapa jalur alternatif seperti Jalan Wates-Pajangan. Hingga kemarin, data diperoleh Harian Jogja dari Pospan Dishub Bantul pemudik kendaraan pribadi tercatat paling mendominasi arus lalu lintas jalur mudik. (Endro Guntoro).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif