Soloraya
Minggu, 27 Juli 2014 - 13:54 WIB

LEBARAN 2014 : H-1 Lebaran, Pengunjung Pasar Membeludak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (JIBI/Solopos/Ahmad Baihaqi)

Solopos.com, BOYOLALI–Memasuki H-1 Lebaran pengunjung di sejumlah pasar di Boyolali mengalami membeludak. Utamanya mereka mencari barang-barang untuk persiapan di Hari Lebaran.

Seorang Penjual di Pasar Sunggingan, Karmi, mengatakan memasuki H-1 Lebaran ini pasar semakin ramai dikunjungi masyarakat. Itu jelas berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Apalagi hari ini merupakan hari pasaran terakhir sebelum Idul Fitri.

Advertisement

“Ini pahing terakhir sebelum Idul Fitri, ya masyarakat berbondong-bondong ke pasar untuk menyiapkan keperluan pada Lebaran besok,” ujarnya saat ditemui solopos.com di lapaknya, Minggu (27/7/2014).

Namun Karmi menambahkan pengunjun pasar pada Lebaran kali ini tidak seramai tahun lalu. Menurutnya pengunjung sudah banyak mengalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Saya Mulai berdagang di sini sejak 2005, saat itu pengunjung sangat ramai tapi semakin ke sini semakin berkurang, mungkin sudah pada beralih ke pasar modern,” beber wanita berusia 48 tahun tersebut.

Senada dengan  Karmi, seorang Juru Parkir Pasar Sunggingan, M. Nasir, mengatakn terjadi peningkatan pengunjung di Pasar Sunggingan pada H-1 Lebaran kali ini. Itu terlihat dari jumlah kendaraan yang ia parkir. Tiap harinya di hari-hari biasa ia hanya memarkir 50 sampai 70 kendaraan, namun menjelang Lebaran bisa 100 sampai 120 kendaraan.

Advertisement

“Sampai pukul 11.00 WIB ini sudah ratusan kendaraan yang sudah saya parkir, pengunjung pasar semakin banyak mungkin ini hari terakhir untuk mempersiakan Lebaran jadi pada ke sini. Apalagi ini masuk hari pasara juga,” terang Nasir.

Keadaan serupa juga terjadi di Pasar Boyolali Kota. Apalagi di yang terletak di jantung kota tersebut tidak memiliki hari pasaran seperti pasar lainnya. Menurut pantauan Espos banyak pengunjung yang berburu kebutuhan Lebaran, terutama makanan.

Sebelumnya seorang Juru Parkir di Pasar Boyolali Kota, Mulyadi Setyawan, mengatakan membludaknya pengunjung pasar diperkirakan mulai H-3 sampai dengan H-1. “Seperti tahun-tahun sebelumnya pengunjung pasar akan membludak mulai H-3 sampai satu hari sebelum Lebaran,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif