News
Minggu, 27 Juli 2014 - 15:45 WIB

LEBARAN 2014 : 1 Syawal Diperkirakan Senin (28/7/2014), Kepastian Sore Ini Pukul 18.30 WIB

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkirakan 1 Syawal 1435 Hijriah di Indonesia akan jatuh pada Senin (28/7/2014).

“Kepastian nanti hanya ditetapkan dalam sidang isbat di Kementerian Agama. Tetapi dari posisi bulan yang telah memenuhi kriteria yang disepakati, maka diperkirakan hasil sidang isbat cenderung menetapkan Idul Fitri jatuh pada 28 Juli,” kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin seperti dikutip Antara, Minggu (27/7/2014).

Advertisement

Menurut dia, di sebagian besar wilayah Indonesia posisi hilal sudah berada di atas dua derajat. Karenanya, penetapan 1 Syawal tinggal menunggu hasil pemantauan langsung atau rukyat yang akan dilaksanakan 27 Juli sore.

“Insya Allah sudah ada keputusan pukul 18.30 WIB nanti, menunggu hasil pemantauan di Aceh. Kemungkinannya 1 Syawal akan [dirayakan] sama tahun ini,” ujar Thomas.

Sebelumnya, Kementerian Agama mengatakan akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1435 Hijriah, Minggu sore. Sidang tersebut diikuti tokoh-tokoh Islam, pakar astronomi, dan perwakilan negara-negara sahabat.

Advertisement

Sidang ini, menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, akan mengkonfirmasi posisi hilal dari hasil penghitungan lewat metode hisab melalui metode rukyat untuk menentukan 1 Syawal 1435 H.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif