Jogja
Sabtu, 26 Juli 2014 - 09:22 WIB

WISATA LEBARAN 2014 : BPBD Bantul Perkirakan Pantai Aman dari Ubur-ubur

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Dwi Daryanto mengatakan pantai selatan di daerah ini aman dari binatang laut ubur-ubur pada libur Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

“Dari pantauan kami di lapangan sejauh ini belum kelihatan ada ubur-ubur yang muncul di kawasan pantai selatan, mudah-mudahan ini pertanda bagus bagi obyek wisata khususnya pantai di Bantul,” katanya di Bantul, Kamis.

Advertisement

Oleh sebab itu, kata dia para wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata pantai di Bantul saat libur Lebaran 2014, tidak perlu mengkhawatirkan sengatan binatang laut menyerupai gelembung air yang dapat membuat badan terasa panas.

Menurut dia, berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja awal Agustus nanti sudah memasuki puncak musim kemarau, sementara musim ubur-ubur atau muncul di pantai biasa terjadi pada musim dingin.

“Akan tetapi kami tetap melakuan pemantauan terhadap kemungkinan munculnya ubur-ubur ini, kami juga berkoordinasi dengan teman-teman SAR setempat sebagai antisipasi penanganannya,” kata Dwi Daryanto.

Advertisement

Menurut dia, ubur-ubur memang binatang tidak berbahaya karena tidak mematikan, namun wisatawan yang terkena sengatan terasa panas pada bagian perut, dan pada libur Lebaran tahun lalu binatang ini muncul di sejumlah pantai selatan.

“Jika melihat pengalaman Lebaran tahun lalu, memang terjadi pada musim dingin sehingga banyak ubur-ubur, bahkan ada ribuan wisatawan yang tersengat, mudah-mudahan tahun ini tidak,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif