Soloraya
Sabtu, 26 Juli 2014 - 03:33 WIB

LIBUR LEBARAN 2014 : Penitipan Hewan Naikkan Tarif, Klien Tak Surut

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Klinik Hewan Kawatan Banjir Klien Menjelang Lebaran 2014 (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah penitipan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, menaikkan biaya penitipan hingga dua kali lipat dibanding hari biasa. Tarif berlaku hingga H+3 atau H+6 Lebaran.

Mereka menghitung biaya penitipan sebagai lembur karena tetap buka saat hari libur Lebaran. Pemilik Kucing Mania Solo di Jl. Kebangkitan Nasional Penumping Laweyan, Rio Rosha, menuturkan biaya penitipan kucing, hingga Jumat (1/8/2014), Rp60.000 per hari. Harga jasa penitipan kucing naik dua kali lipat dibanding hari biasa Rp30.000.

Advertisement

Hal itu karena dia harus membayar upah lembur untuk karyawan. Rio memiliki 30 kandang kucing di toko yang juga menjual pakan anjing dan kucing. “Sekitar 20 ekor yang sudah dititipkan hingga Jumat (25/7/2014). Kami membuka penitipan hingga Jumat (1/8/2014). Rata-rata pelanggan menitipkan dua hingga tiga hari. Mereka harus [pelanggan] membawa pakan sendiri. Kami tidak melarang mereka membawa kandang sendiri supaya [kucing] tidak tertekan,” kata Rio saat ditemui Solopos.com di toko yang juga menjadi tempat penitipan kucing, Jumat (25/7/2014).

Selain itu dia mengharuskan kucing yang dititipkan dalam kondisi sehat atau sudah mendapat vaksin dan bebas kutu. Namun dia tidak dapat memprediksi apakah pelanggan membeludak selama mudik Lebaran.

Sementara itu salah satu dokter di Kawatan Pet Clinic, Venty Waranurastuti, menjelaskan menyediakan sekitar 150 kandang kucing dan anjing. Dia mengaku sudah ada 70 ekor kucing dan anjing yang dititipkan di klinik. Mereka sudah memesan tempat jauh hari dan akan menitipkan pada Sabtu (26/7/2014).

Advertisement

“Kami jemput atau mereka datang ke klinik. Mereka rata-rata menitipkan hingga dua pekan. Klinik tutup Minggu (27/7/2014) dan akan buka lagi Senin (4/8/2014). Tetapi kami masih terima titipan saat tutup. Kami menyiagakan dokter jaga selama libur,” ujar Venty.

Mereka memasang tarif Rp50.000 per hari untuk kucing dan Rp50.000 per ekor untuk anjing berukuran kecil, Rp75.000 per ekor untuk anjing ukuran sedang, dan anjing ukurna besar Rp100.000 per hari. Harga yang dipasang itu naik Rp10.000-Rp20.000 per hari.

Mereka menyediakan pakan dan gratis mandi apabila menitipkan selama lebih dari tujuh hari. “Kami berikan pakan kecuali hewan peliharaan harus makan jenis makanan tertentu. Rata-rata pelanggan dari Soloraya. Rata-rata pelanggan menitipkan kucing,” tutur dia.

Advertisement

Sama seperti Rio, Venty mengharuskan pemilik hewan peliharaan menunjukkan buku vaksin. Selain itu dokter di klinik akan memeriksa kondisi hewan peliharaan apakah bebas dari kutu atau tidak. Dia mengaku pernah menolak hewan peliharaan karena memiliki kutu dan enggak melakukan vaksin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif