Teknologi
Sabtu, 26 Juli 2014 - 09:48 WIB

KISAH UNIK : Wow, Pohon Ini Mampu Hasilkan Empat Buah yang Berbeda

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pohon hasil perpaduan 40 varietas (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Pohon hasil rekayasa dari 40 varietas kini menjadi tren di Amerika Serikat. Pohon menakjubkan itu mampu menghasilkan berbagai jenis buah, yakni buah persik, plum, aprikot, dan ceri dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya buahnya yang berbeda-beda, pada musim semi, pohon ini juga menghasilkan warna daun yang berbeda-beda pula.

Pohon ajaib itu merupakan hasil rekayasa Van Aken, seorang seniman dan pemahat patung dari Universitas Syracuse, New York, Amerika Serikat. Pengembangan varietas tanaman tersebut ia lakukan dengan tujuan untuk memberi pengetahuan kepada semua orang tentang bagaimana cara buah-buah tersebut dapat tumbuh dan berkembang.

Advertisement

Dilansir Daily Mail, Jumat (25/7/2014), proyek penelitian ini dimulai pada tahun 2008 saat Van Aken menemui sejumlah jenis pohon buah berusia 200 tahun ditebang di sebuah kebun di New York, AS. Dengan harapan ingin menyelamatkan pohon-pohon tersebut, Van Aken membeli kebun itu dan mulai bereksperimen dengan cara okulasi.

Sejauh ini, 16 pohon berhasil ia kembangkan dan ditempatkan di beberapa museum di Amerika Serikat. Saat musim semi, pohon-pohon tersebut mekar dalam warna pink, merah, dan putih, sedangkan saat musim panas mereka berbuah beraneka ragam buah-buahan.

“Saya diberitahu oleh pemilik kebun lama mengenai berbagai jenis pohon. Jadi, daripada memiliki satu vaerietas dan menghasilkan buah yang sama, saya melakukan rekayasa dengan 40 varietas pada masing-masing pohon,” ujar Van Aken.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif