Soloraya
Sabtu, 26 Juli 2014 - 01:30 WIB

JOKOWI PRESIDEN : Jokowi Pulang Kampung, Polisi di Sepanjang Jalan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi dan istri, Iriana (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO — Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjaga ketat jalur jalan yang dilalui calon presiden terpilih, Joko Widodo alias Jokowi, yang pulang kampung, Jumat (25/7/2014). Sesuai prosedur, pengawalan mantan wali kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta itu diperketat seiring statusnya sebagai calon presiden.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat, beberapa personel polisi berjaga di sepanjang Jl Adisucipto. Setiap jarak 100 meter, ada dua hingga lima personel polisi berjaga di sisi jalan. Jl Adi Sucipto yang merupakan jalur jalan yang dilalui oleh rombongan mobil calon presiden poros politik besutan PDI Perjuangan itu.

Advertisement

Berdasarkan informasi salah seorang ajudan Jokowi yang memakai pakaian putih polos, Jokowi mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali pada pukul 17.30 WIB. Tidak hanya Jl Adisucipto, ruas jalan yang merupakan jalur menuju rumah Jokowi juga dijaga polisi. Sebutlah misalnya, Jl Ahmad Yani hingga Jl Letjen Suprapto, Sumber, Banjarsari.

Di ruas-ruas jalan itu, beberapa polisi tampak berjaga. Begitu juga di persimpangan dekat rumah Jokowi di Jl Kutai Utara, Sumber. Bukan hanya di kediaman Jokowi, penjagaan juga difokuskan ke aset Jokowi seperti Gedung Graha Saba Bhuwana dan Chili Pari Catering yang terletak tidak jauh dari rumahnya.

Rumah ibunda Jokowi, Ny Sudjiatmi Notomihardjo, juga tidak lepas dari penjagaan polisi. Sebuah truk besar bermuatan personel polisi dengan peralatan lengkap seperti tameng dan pentungan berjaga di rumah ibunda Jokowi yang berada di Jl Pleret Raya yang berdampingan langsung dengan rumah Jokowi.

Advertisement

Dalam kepulangannya kali pertama setelah pengumuman resmi hasil rekapitulasi suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan Jokowi menjadi capres terpilih untuk menduduki jabatan presiden periode 2014-2019, Jokowi ingin bertemu dengan anak dan ibundanya. “Mau istirahat sekalian ketemu anak dan keluarga,” tutur Jokowi kepada wartawan setelah berbuka puasa di Diamond Restaurant Jl Slamet Riyadi.

Rombongan mobil Jokowi itu diiringi beberapa mobil yang bernomor polisi AD serta beberapa mobil polisi. Ketika ditanya apakah Jokowi memakai Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) atau tidak, dia mengatakan Paspampres hanya digunakan untuk presiden yang sudah dilantik. “Paspampres? Itu kan untuk presiden,” tutur dia.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif