Sport
Sabtu, 26 Juli 2014 - 04:15 WIB

GP FORMULA ONE : 2016, F1 Sambangi Azerbaijan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull F1 Vettel dan rekan setimnya Ricciardo di sirkuit Hongaria. JIBI/Rtr/Valtteri Bot

Solopos.com, BAKU— Balapan Formula One (F1) akan menyambangi tempat baru, Azerbaijan di musim 2016 mendatang. Grand prix baru ini ini nantinya akan menjadi balapan jalanan yang bertempat di ibu kota Azerbaijan, Baku.

Hal ini seiring dengan telah disepakatinya kerja sama antara pemerintah setempat dengan penyelenggara F1. Meskipun belum dikemukakan layout atau desain pasti sirkuit, Kementrian Pemuda dan Olahraga Azerbaijan sudah mengumumkannya secara resmi, Jumat (25/7/2014) WIB.

Advertisement

Secara garis besar, main grandstand dan pits akan terletak di Azadliq Square. Balapan ini bakal menyertakan jalan utama plus akan melewati bangunan ternama, seperti Neftchilar Avenue, gedung pemerintahan dan menara Maiden.

“Kami senang Baku bisa ambil bagian dalam F1. Ini akan menjadi edisi balapan sirkuit jalanan yang pastinya akan berlangsung sangat menarik. Selain itu, penonton akan disuguhi indahnya Kota Baku,” papar CEO F1, Bernie Ecclestone, dilansir Espnfc, Jumat (25/7) WIB.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Azerbaijan, Azad Rahimov, mengungkapkan betapa gembiranya bisa menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara balapan jet darat terbaik di dunia ini.

Advertisement

“Saya senang bisa mengumumkan jika kami sudah menandatangani kontrak untuk membawa F1 ke Baku pada 2006 mendatang. Letak negara kami yang berada di Eropa Timur serta berbatasan langsung dengan Asia Barat menjadi daya tarik tersendiri,” paparnya.

Azad menambahkan, Azerbaijan adalah representasi negara Eropa modern yang memiliki reputasi membanggakan untuk olahraga. Kesepakatan untuk membawa balapan F1 ke Baku merupakan babak baru yang sangat penting bagi negaranya.
Di samping itu, ini menjadi komitmen Azerbaijan untuk turut mengembangkan olahraga di seluruh dunia.
Sebelumnya, Meksiko siap kembali menjadi tuan rumah balapan F1seiring masuknya negara di Benua Amerika ini ke dalam kalender musim 2015 mendatang. Balapan ini direncanakan akan digelar di Sirkuit Autódromo Hermanos Rodríguez, yang terletak di Meksiko City.

Kali pertama ibu kota Meksiko ini menggelar F1 pada musim 1963 dan berlanjut hingga tujuh musim berikutnya. Sirkuit ini kembali masuk kalender balap jet darat ini pada 1986 hingga musim 1992. Kali terakhir balapan ini dimenangkan oleh pembalap Williams, Nigel Mansell. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif