Sport
Jumat, 25 Juli 2014 - 22:11 WIB

PIALA SURATIN 2014 : PSSI Waspadai Pencurian Umur

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

 

Harianjogja.com, JAKARTA-PSSI mewaspadai upaya pencurian umur dalam kejuaraan sepak bola kelompok umur Piala Suratin 2014 dengan memperketat sistem pendataan dan pendaftaraan para pemain.

Advertisement

Sekjen PSSI Joko Driyono di Jakarta, Jumat, mengatakan, pelaksanaan Piala Suratin yang sebelumnya vakum selama empat tahun terakhir harus dilaksanakan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan agar kejuaraan ini mampu mendapatkan pemain-pemain muda potensial sesuai dengan usianya.

“Pencurian umur memang sering terjadi. Makanya kita akan fokus dalam mengatasinya. Kami ingin pemain yang turun benar-benar sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Menurut dia, Piala Suratin merupakan kejuaraan kelompok umur U-17 dan selama ini mampu menelurkan pemain-pemain potensial yang akhirnya mampu memperkuat tim nasional. Salah satu pemain yang masih aktif di klub maupun timnas adalah Firman Utina.

Advertisement

Meski dibatasi dengan umur, kata dia, pemain yang terdaftar pada tahun ini akan diberikan kesempatan untuk turun pada Piala Suratin 2015. Hal ini dilakukan untuk memantau perkembangan pemain yang dinilai potensial pada Piala Suratin 2014.

“Kami ingin terus memantau mereka (pemain potensial) termasuk bagaimana perkembangannya selama di klub,” katanya menambahkan.

Piala Suratin merupakan satu dari tiga agenda besar yang dilakukan oleh PSSI pada tahun ini. Selain itu ada kejurnas sepak bola wanita dan Piala Nusantara. Hanya saja saat ini lebih difokuskan pada Piala Suratin dan kejurnas sepak bola wanita.

Advertisement

Sesuai dengan rencana, Piala Suratin dan kejurnas sepak bola wanita dimulai Agustus nanti. Khusus untuk kejuaraan kelompok umur ini pelaksanaan awalnya dilakukan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov). Setelah masuk babak regional dan nasional akan dikelola oleh PSSI.

“Piala Suratin ini diperkirakan akan selesai antara Desember atau Januari 2015,” kata pria yang juga CEO PT Liga Indonesia itu.

Demi memeriahkan Piala Suratin 2014, PSSI telah menyiapkan agenda khusus mulai dari tur tropi Piala Suratin ke kota-kota yang pernah menjadi juara hingga akan menunjuk duta dari seorang pemain yang saat ini masih aktif memperkuat Timnas Indonesia.

(JIBI/Antara)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif