News
Jumat, 25 Juli 2014 - 08:00 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Ini Dia 11 Jabatan Khusus untuk Sarjana Berbagai Jurusan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS (JIBI/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA–- Lowongan CPNS 2014 segera dibuka. Pemerintah akan menyediakan 5% lowongan CPNS 2014 untuk peserta lintas jurusan. Menindaklanjuti hal ini, pemerintah akan menetapkan 11 jabatan khusus.

Dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (23/7/2014), Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengemukaka ada setidaknya 11 jabatan di pemerintahan yang terbuka untuk sarjana berbagai jurusan.

Advertisement

Ke-11 jabatan di pemerintahan yang terbuka untuk sarjana semua jurusan itu adalah Analis Kebijakan, Perencana, Auditor, Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan daerah, Penggerak Swadaya Masyarakat, idyaiswara, Peneliti, Pekerja sosial, Penyuluh sosial, Perekayasa, dan Pemeriksa.

Dilaporkan banyak instansi pemerintah pusat maupun daerah yang belum mengalokasikan untuk jabatan 5 persen yang dapat dilamar sarjana dari  semua jurusan.

Hal ini menyebabkan proses verifikasi formasi CPNS belum juga selesai. Hal ini menghambat proses ijin prinsip dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Heman menegaskan, bila ijin prinsip telah diteken maka lowongan jabatan bisa segera diumumkan.

Advertisement

Herman menerangkan ada sejumlah permasalahan terkait dengan pengisian rincian jabatan. Antara lain belum semua instansi menyampaikan nama-nama jabatan fungsional yang berlaku di instansi masing-masing.

Selain itu, jabatan yang diusulkan belum tercantum dalam e-Formasi, penyusunan formasi yang seharusnya disusun per jabatan, banyak yang disusun berdasarkan unit organisasi.

Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB juga disoal. Jumlah rincian tidak sesuai dengan jumlah persetujuan prinsip, banyak yang belum mengalokasikan untuk jabatan 5 persen yang dapat dilamar semua jurusan.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana akan menerima 40.000 CPNS dan 25.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPK). Pendaftaran penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.

Seleksi CPNS kali ini terbilang sederhana. Tidak ada syarat mencantumkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kartu kuning dan sirat keterangan sehat. Pendaftaran juga dilakukan terpusat melalui situs resmi yang akan dibuat Kementerian PAN-RB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif