Jogja
Jumat, 25 Juli 2014 - 01:31 WIB

LEBARAN 2014 : Pedagang Pasar Beringharjo Tambah Stok Lima Kali Lipat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Beringharjo sesak (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Pedagang Pasar Beringharjo khususnya pedagang pakaian dan kebutuhan Lebaran menyiapkan stok hingga lima kali lipat dibanding hari biasa untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan dari konsumen.

“Peningkatan omzet menjelang Lebaran hingga nanti pascaLebaran sangat luar biasa. Panen rejeki pedagang memang pada saat-saat seperti ini. Oleh karena itu, pedagang pun sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan stok hingga lima kali lipat,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Ujun Junaedi, Rabu (23/7/2014).

Advertisement

Menurut Ujun, banyak konsumen yang mencari pakaian Lebaran dengan model gamis dan rok dari bahan “jersey” atau kaos. Pakaian tersebut bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp60.000 per potongnya.

“Harga grosir maupun eceran tetap sama. Pedagang tidak akan menaikkan harga barang dagangannya meskipun permintaan dari masyarakat sangat tinggi,” katanya.

Ujun mengatakan peningkatan omzet pedagang tersebut sudah mulai terjadi sejak pekan lalu dan meningkat signifikan hingga lima kali lipat saat akhir pekan.

Advertisement

Rata-rata jumlah pengunjung Beringharjo saat akhir pekan adalah sekitar 80.000 orang. Jumlah tersebut akan meningkat hingga lebih dari 120.000 orang per hari menjelang Lebaran dan nanti setelah Lebaran.

“Jumlah pengunjung akan turun pada hari H Lebaran namun akan kembali meningkat pada H+2 Lebaran. Biasanya mereka adalah warga Jogja yang mencari oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta atau kota lain,” katanya.

Peningkatan volume kendaraan di jalur selatan akibat terhambatnya lalu lintas di Pantai Utara Jawa, lanjut Ujun, diperkirakan akan meningkatkan keramaian Pasar Beringharjo.

Advertisement

“Seluruh pedagang berkomitmen untuk menjadikan Beringharjo sebagai pusat perbelanjaan. Konsekuensinya, kami harus bisa menjaga harga, kualitas, memberikan pelayanan dengan ramah, menjaga kebersihan dan kenyamanan pembeli,” katanya.

Ujun menyebutkan, keberadaan parkir tambahan di Ketandan juga sangat membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke Pasar Beringharjo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif