News
Jumat, 25 Juli 2014 - 15:10 WIB

PERGANTIAN KSAD : Jenderal Budiman Tak Hadiri Pelantikan KSAD Baru, Ada Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (kedua kiri) berjabat tangan bersama KSAD baru, Letjen TNI Gatot Nurmantyo (kanan); KSAL Laksamana TNI Marsetio (kedua kanan) dan KSAL Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia (kiri) pada acara pelantikan KSAD baru yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Kamis (24/7). Letjen TNI Gatot Nurmantyo menggantikan pejabat lama Jenderal TNI Budiman yang akan memasuki masa pensiun. Dalam pelantikan itu Budiman tidak hadir. (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA — Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal TNI Budiman kepada Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dilaksanakan hari ini, Jumat (25/7/2014). Namun dalam prosesi pelantikan Gatot Nurmantyo, Budiman tak tampak hadir, ada apa?

Upacara tersebut dilakukan di Mabes TNI AD di Jl. Veteran, Jakarta Pusat. Dalam serah terimanya, Budiman menyerahkan jabatannya kepada Gatot. Dalam proses sertijab tersebut Gatot mengatakan siap menerima tugas barunya itu setelah meninggalkan jabatan sebelumnya sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Advertisement

“Telah menerima wewenang dan tanggung jawab tugas dari Jenderal TNI Budiman dan selanjutnya siap menjalankan tugas,” kata Gatot.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, menyampaikan pergantian kepemimpinan merupakan bagian pembinaan sebagai suatu hal yang biasa dalam regenerasi dan tidak berkaitan dengan kepentingan politik.

“Esensi sesungguhnya untuk dapat meneruskan kemajuan untuk mewujudkan kesinambungan dari hasil kepemimpinan sebelumnya,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Jenderal Budiman tidak hadir ke acara pelantikan Letjen Gatot Nurmantyo sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru. Menko Polhukam tidak tahu alasan absennya Jenderal Budiman pada acara tersebut. “?Loh kok tanya saya? Kenapa enggak tanya Budiman,” ujar Menko Polhukam, Djoko Suyanto, usai pelantikan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Berkali-kali Djoko mengatakan tidak mengetahui penyebab Budiman tidak hadir. Dia juga tidak mau berpolemik soal itu. “I don’t know!” tegas Djoko. Djoko menyarankan sebaiknya pertanyaan itu diarahkan ke Sekertaris Militer Presiden. “Tanya Sesmil saja, saya enggak tahu satu per satu,” ucapnya.

Sementara itu, serah terima jabatan KSAD dari Jenderal Budiman kepada Letjen Gatot Nurmantyo akan dilaksanakan pukul 13.30 WIB nanti di lapangan upacara Mabes AD, Jl Veteran 5, Jakarta Pusat. Jenderal Budiman akan memasuki masa pensiun pada September 2014.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif