Soloraya
Jumat, 25 Juli 2014 - 08:31 WIB

IDUL FITRI 1435 H : 2.500 Masjid di Boyolali Gelar Salat Id

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Salat Id (JIBI/Dok)

Solopos.com, BOYOLALI—Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Boyolali memperkirakan pelaksanaan salat id tidak akan jauh beda dengan tahun kemarin. Sekitar 2500 masjid akan menggelar Salat Id tahun ini.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Boyolali, Muhammad Mualim, mengatakan pelaksanaan salat id di kota susu memang banyak dilakukan di masjid-masjid, terutama di lingkup pedesaan. Sementara area perkotaan akan mengandalkan lapangan yang ada.

Advertisement

“Kalau untuk perkotaan mayoritas menggunakan lapangan sebagai tempat salat, namun pedesaan lebih memanfaatkan masjid,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (24/7/2014).

Mualim menambahkan saat ini lapangan yang biasanya digunakan untuk salat id adalah Lapangan Sepakbola Pandan Arang, Lapangan Sunggingan, dan Alun-Alun Boyolali. Menurutnya area perkotaan lebih mengingkan tempat yang luas.

“Kalau orang perkotaan cenderung memilih area salat yang lebih luas,” tambahnya.

Advertisement

Sementara anggota staf Seksi Bimbingan Masyarakat Islam kemenag Boyolali, Makin, menuturkan sampai saat ini belum ada pelaporan kepada kemenag mengenai pelaksanaan salat id. Menurut Makin biasanya hari-hari menjelang Lebaran seperti ini banyak panitia yang sudah melapor.

“Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk melapor terkait pelaksanaan salat id, namun biasanya masing-masing KUA di kecamatan sudah melapor pada hari-hari ini,” katanya.

Makin memperkirakan tidak melapornya KUA kepada pihaknya dikarenakan menunggu sampai tanggal pastinya Lebaran. Menurutnya mereka akan melapor seusai hari H lebaran. Namun, lanjut Makin, pihaknya memprediksikan jumlah tempat pelaksanaan salat id tidak akan jauh beda dengan tahun lalu.

Advertisement

“Jumlahnya enggak akan jauh berbeda dengan  tahun kemarin. Lapangan yang digunakan mungkin mencapai ratusan dan masjid berjumlah ribuan,” katanya.

Saat ini Kemenag Boyolali berasumsi bahwa disetiap kecamatan terdapat 100 sampai 120 masjid dan lapangan yang digunakan untuk salat id. Sehingga dari 19 kecamatan yang ada di Boyolali maka akan menghasilkan 2000an tempat yang menggelar Salat Idul Fitri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif