Jateng
Kamis, 24 Juli 2014 - 18:18 WIB

JELANG LEBARAN 2014 : 3 Kapal Sehari, 33.000 Pemudik Mendarat di Tanjung Mas

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi penumpang KM Tidar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku. (JIBI/Solopos/Antara/Izaac Mulyawan)

Harianjogja.com, SEMARANG—Sebanyak 33.000 pemudik masuk lewat Pelabuhan Tanjung Emas dari 13 Juli hingga Kamis (24/7/2014), kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Kelas I Semarang Carolus G Sengadji.

“Sejauh ini untuk arus mudik aman, lancar, dan terkendali, dalam satu hari rata-rata 2-3 kapal yang datang membawa para pemudik,” ujarnya di Semarang.

Advertisement

Jumlah pemudik yang paling banyak masuk melalui Pelabuhan Tanjung Emas dalam satu hari mencapai 10.000 orang, kebanyakan dari mereka berasal dari Sampit dan Pontianak.

“Daerah tujuannya kebanyakan tentu di daerah Jawa Tengah di antaranya Solo, Purworejo, Pekalongan, ada juga sebagian yang menuju ke Jogja,” ujarnya.

Menurutnya pada hari biasa kapal berkapasitas 1.000 penumpang rata-rata hanya diisi oleh 400 penumpang, tetapi selama musim mudik ini okupansi kapal bisa mencapai 100 bahkan 120%.

Advertisement

Untuk keseluruhan jumlah kapal yang datang sudah mencapai 31 kapal, sebagai puncak kedatangan pemudik akan terjadi pada tanggal 27 Juli dimana ada 7 kapal yang datang.

Kapal-kapal tersebut berasal dari Jakarta, Sampit, Kumai, dan Potianak, khusus dari Jakarta kapal membawa rombongan pemudik yang bersepeda motor, fasilitas tersebut diberikan gratis kepada masyarakat. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif