Jogja
Kamis, 24 Juli 2014 - 18:27 WIB

INFO MUDIK 2014 : Duh, Masih Ada Truk Pasir Merapi yang Beroperasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penambangan pasir (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Sumber Daya Air, Energi, dan Mineral (SDAEM) Kabupaten Sleman melakukan pantauan di beberapa titik yang kerap dilalui truk pasir, Kamis (24/7/2014). Hasilnya, petugas menemukan beberapa truk yang masih beroperasi.

Beberapa titik yang ditinjau tersebut berada di sekitar Kecamatan Cangkringan, Pakem, dan Tempel. “Masih ada satu dua armada yang melintas. Mereka langsung kami instruksikan agar tidak beraktivitas di hari berikutnya,” kata Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas SDAEM Sleman, Fauzan Darmadi, Kamis (24/7/2014).

Advertisement

Beberapa waktu lalu, larangan beroperasi bagi truk pengangkut pasir dan batu di lereng merapi sudah disampaikan Kepala Dinas SDAEM Sleman, Sapto Winarno.

Larangan tersebut berlaku pada H-7 hingga H+7 lebaran. Selama rentan waktu itu pula, kegiatan normalisasi maupun penambangan dihentikan sementara.

Namun ternyata hingga H-4 lebaran, sejumlah truk pasir masih nekat beroperasi. Truk tersebut tidak hanya berasal dari Sleman dan DIY tapi juga terdapat kendaraan luar daerah. “Namun untuk alat berat dipastikan sudah tidak ada semua,” ujar Fauzan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif