News
Kamis, 24 Juli 2014 - 22:40 WIB

HASIL PILPRES 2014 : Prabowo Berisiko Kehilangan Legal Standing

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Terkait pernyataannya menarik diri dari proses pelaksanaan pemilu, Calon presiden (capres) nomor urut satu, Prabowo Subianto berisiko kehilangan legal standing dalam sengketa Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Keterangan tersebut disampaikan pakar hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Zainal Arifim Mochtar, Rabu (24/7/2014).

Advertisement

“Menarik diri dari pilpres maka akan menghilangkan legal standing‘ dalam sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Direktur Pusat Kajian Antikorupsi Fakultas Hukum UGM itu.

Menurut dia, pihak yang dapat mengajukan permohonan sengketa adalah pasangan capres-cawapres yang masih menjadi peserta pilpres. Dengan mengundurkan diri maka secara hukum sangat logis kehilangan legal standing. Namun, jika makna menarik diri hanya pada ranah menolak hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014, tegas Zainal, hampir tidak bermakna apa-apa secara hukum. Baginya pernyataan itu hanya berupa penolakan hasil rekapitulasi tetapi dibingkai dengan kalimat menarik diri.

Meskipun memiliki peluang melakukan gugatan ke MK, kata dia, bukan hal yang mudah bagi Prabowo untuk menang. Sebab selisih perhitungan suara dengan rivalnya, capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), lebih dari 8 juta suara. Jika ingin tetap mengalahkan Jokowi-JK, Prabowo harus dapat mendalilkan suara sekitar 4-5 juta.

Advertisement

“Hal itu bukan sesuatu yang mudah mengingat MK belum pernah menganulir suara sebesar itu, baik di pilpres maupun pilkada,” katanya.

Sementara, Guru Besar Fakultas Hukum UGM Eddy OS Hiarej mengatakan tim Prabowo yang berencana melakukan gugatan ke tingkat MK merupakan langkah hukum yang kontraproduktif dan inkonsistensi.

“Kontraproduktif dan inkonsistensi karena Prabowo sudah menyatakan mundur dari arena Pilpres 2014. Kalau pun maju, itu sangat lucu,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif