Jogja
Rabu, 23 Juli 2014 - 17:39 WIB

Sejumlah Makanan di Pasar Argosari Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemeriksanaan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY bekerjasama dengan Badan Pengawasan Makanan dan Obat (BPOM) DIY di Pasar Argosari, Rabu (23/7/2014) menemukan beberapa komoditas pangan mengandung zat kimia berbahaya.

Zat-zat berbahaya terebut diantaranya boraks dan zat pewarna tekstil.

Advertisement

Kepala Seksi Pemeriksaaan BPOM DIY Ani Fatimah mengatakan, dari 15 sampel yang diambil terdapat empat penganan yang mengandung zat kimia berebahaya.

Ia menyebutkan yakni krecek mengandung metanil yellow, mie basah mengandung boraks, krupuk semprong yang mengandung rhodamin serta lanting yang masih menggunakan zat pewarna tekstil sebagai bahan mempercantik warna makanan.

“Lainnya, semua barang dalam kondisi bagus dan layak jual,” katanya usai inspeksi mendadak di Pasar Argosari.

Advertisement

Menurut Ani, sejumlah pedagang yang kedapatan menjual penganan berbahaya akan diberikan peringatan tertulis. Agar tidak mengulangi menjual barang-barang berbahaya, para pedagang juga diberikan pembinaan.

“Kami sudah mencatatnya dan memberikan saran agar tidak lagi menjual barang –barang itu. tapi, kalau suatu saat masih tetap ngeyel menjualnya, maka pihaknya tidak segan-segan mengambil tindakan tegas,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, penggunaan zat perwarna dan pengawet kimia sangat berbahaya untuk kesehatan. Pasalnya, zat pewarna ini bisa mengakibatkan penyakit jantung dan kanker. Sementara untuk mie yang mengandung boraks, sepintas memang tidak ada permasalahan. Namun, boraks sendiri merupakan efek racun yang berbahaya pada sistem metabolisme manusia. Sebagaimana halnya zat-zat tambahan makanan lain yang merusak kesehatan manusia.

Advertisement

“Memang dari sisi tekstur akan lebih menarik dan tahan lama. Tapi, bahan-bahan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif