Jogja
Rabu, 23 Juli 2014 - 23:40 WIB

RAMADAN 2014 : Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Argosari Terpantau Stabil

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi harga daging ayam (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Harga jual sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Argosari Gunungkidul terpantau stabil. Dari 13 komoditas yang dipantau oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY, Rabu (23/7/2014), terhitung stabil dan tak mengalami lonjakan harga.

Fluktuasi harga terlihat di komoditas daging ayam. Pasalnya, harga ayam potong sempat naik menjadi Rp32.000 per kilogram (kg). Namun, tak berselang lama harganya sempat turun menjadi Rp28.000 per kg.

Advertisement

“Tapi saat ini stabil di posisi Rp30.000 per kilogram,” kata Kepala Sub Bidang Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Sumaryatin.

Dia menjelaskan, dari 13 item yang dilakukan pemantauan, hanya enam komoditas yang memiliki peran signifikan terhadap tingginya angka inflasi. Keenamnya meliputi telor, cabai, bawang-bawangan, daging ayam, daging sapi serta beras.

“Kami perkirakan dampak inflasi dari lebaran tahun ini meningkat sekitar 0,7 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” ungkap dia.

Advertisement

Tingginya inflasi ini didasarkan pada pengalaman beberapa tahun lalu yang kisaran kenaikannya di angka 0,5% hingga 0,7%. Namun, untuk tahun lalu merupakan pengecualian. Akibat kenaikan harga bahan bakar minyak membuat inflasi naik signifikan, atau sebesar 2,54%.

“Tahun lalu, selain kenaikan BBM, juga berbarengan dengan masuknya tahun ajaran baru. Akibatnya, inflasi saat itu naik singnifikan,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif