Jogja
Rabu, 23 Juli 2014 - 06:40 WIB

LEBARAN 2014 : 164 Ibu Hamil Diprediksi Melahirkan Saat Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Ratusan ibu hamil di Kulonprogo diprediksi akan melahirkan saat Lebaran. Dinas Kesehatan Kulonprogo siagakan 165 bidan untuk melayani para ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Bambang Haryatno mengatakan pensiagaan bidan ini merupakan upaya untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi.

Advertisement

“Untuk masa Lebaran ini baru pertama kalinya kami programkan pensiagaan bidan. Kami sudah dapat data ibu hamil yang diperkirakan akan melahirkan sekitar Lebaran,” ujar Bambang kepada Harianjogja.com, Selasa (22/7/2014) saat ditemui di kantornya.

Dinkes telah mengumpulkan data Hari Perkiraan Lahir (HPL) ibu-ibu hamil di setiap Puskesmas di seluruh Kulonprogo. Dari data yang dikumpulkan ada 164 ibu hamil yang diperkirakan akan melahirkan di sekitar hari-hari Lebaran. Para ibu hamil tersebut telah dibekali kontak person setiap bidan yang akan bertugas dan siaga saat dibutuhkan.

Kepala Puskesmas Panjatan II Rina Nuryati menambahkan saat Lebaran nanti Puskesmas ini akan menyiagakan bidan wilayah sesuai dengan instruksi dari Dinas Kesehatan. Ada beberapa bidan wilayah yang sudah dikontrak untuk siaga saat Lebaran.

Advertisement

“Di Puskesmas ini ada tujuh bidan, kesemuanya kami siagakan. Saat Lebaran puskesmas tetap buka dan hanya akan libur di tanggal merah saja,” kata Rina.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif