News
Rabu, 23 Juli 2014 - 17:30 WIB

JOKOWI PRESIDEN : Ucapkan Selamat ke Jokowi, Menlu Kanada Berkomentar Soal Hasil Pilpres

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wartawan melihat gambar Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-JK yang ditampilkan di layar yang berada di halaman gedung KPU, Jakarta, Selasa (22/7/2014). Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla unggul dengan jumlah suara 70.997.883 suara atau sebesar 53,15 %, sedangankan pasangan Prabowo-Hatta mendapatkan 62.576.444 suara atau sebesar 46,85%. (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Ucapan selamat terus mengalir kepada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) setelah KPU menyatakan mereka sebagai presiden-wakil presiden terpilih untuk periode 2014-2019. Kali ini, ucapan selamat datang dari Pemerintah Kanada.

Ucapan selamat tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada, John Baird, melalui pernyataan resmi yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri Kanada tertanggal Selasa (22/7/2014). Baird mengungkapkan optimismenya tentang masa depan Indonesia bersama Jokowi.

Advertisement

“Kanada mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Joko Widodo dan kesuksesan kampanyenya. Kami optimistis dengan masa depan Indonesia dan saya berencana kembali berkunjung ke sana [Indonesia] dalam waktu dekat,” kata Baird dalam dokumen itu.

John Baird juga menyebut hasil Pemilu dan Pilpres 2014 telah menunjukkan bahwa Indonesia benar-benar sebuah negara demokrasi. “Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dengan 190 juta pemilih. Hasil [pilpres] saat ini kembali menekankan langkah impresif Indonesia dan institusinya [KPU] dalam sejak pemilu demokratis 10 tahun,” kata Beird

Selain Baird, Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, juga mengucapkan selamat kepada presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi), melalui sambungan telepon pada Rabu (23/7/2014) pagi pukul 11.00 WIB atau pukul 23.00 waktu Washington.

Advertisement

Sejumlah pimpinan negara lain juga mengucapkan hal yang sama kepada Jokowi. “Obama pukul 11.00 WIB telepon,” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Disusul dengan ucapan dari Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong; dan Perdana Menteri Australia, Tony Abott, yang pada intinya semua mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Jokowi-JK.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif