News
Rabu, 23 Juli 2014 - 13:50 WIB

JOKOWI PRESIDEN : Menkeu Beberkan Bukti Pasar Respons Positif Terhadap Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Joko Widodo (kiri) dan M. Jusuf Kalla melambaikan salam tiga jari seusai memberikan pidato kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (22/7/2014). Joko Widodo dalam sambutannya menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk bersatu kembali kepada Indonesia raya. (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan, Chatib Basri, memastikan respons pasar positif terhadap peristiwa terpilihnya Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2014-2019.

Dia mengatakan respons pasar yang dapat dilihat dari pergerakan rupiah, indeks saham, dan obligasi pasar cukup baik. Berdasarkan Bloomberg Dollar Index, rupiah dibuka di level Rp11.526 per dolar AS atau menguat 0,69% pada Rabu (23/7/2014) ini. Sementara kemarin, rupiah bertengger di level Rp11.606 per dolar AS (melemah 0,29%).

Advertisement

Adapun kurs tengah BI pada Selasa siang ini menunjukkan rupiah bertengger di level Rp11.498 per dolar AS, menguat dibandingkan Rp11.531 per dolar AS pada Selasa (22/7/2014).

“Jadi kalau lihat dari respons pasar sejauh ini positif. Respons kemarin sampai pagi ini cukup baik,” ujarnya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresiden, Jakarta, Rabu (23/2/2014).

Selain indikator tersebut, Chatib juga mengemukakan adanya minat yang tinggi terhadap surat utang. Dia menyebutkan incoming bid atau jumlah penawaran atas surat utang pada hari pengumuman resmi hasil rekapitulasi suara oleh KPU kemarin mencapai sekitar Rp19,5 triliun.

Advertisement

Karena minat yang tinggi tersebut, pemerintah yang semula berencana mengambil Rp10 triliun, akhirnya memutuskan mengambil Rp13,5 triliun. “Saya kira ini hal yang baik. Bahwa selama prosesnya berjalan dengan damai, maka kita juga akan bisa menjaga stabilitas makro,” ujarnya.

Chatib Basri berharap penetapan resmi KPU atas terpilihnya Jokowi dan JK sebagai Presiden RI 2014-2019 akan membuat pasar relatif stabil. “Ini adalah hal penting,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif