Teknologi
Rabu, 23 Juli 2014 - 08:50 WIB

Awas, Sejumlah Situs Berita Dibajak buat Sebarkan Berita Bohong!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengguna Twitter via telepon seluler (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, JAKARTA – Peringatan bagi para pengguna media sosial. Sekarang sejumlah situs ternama telah dicatut untuk menyebar berita bohong. Sejumlah pengguna linimasa ikut-ikutan menyebar berita ini tanpa melihat isi berita.

Situs berita palsu itu dikemas mirip dengan situs aslinya, namun punya domain yang tak lazim yakni com—News.com. Pantauan Solopos.com, Selasa (22/7/2014), sejumlah akun ikut-ikutan menyebarkan berita-berita seputar pengumuman Pilpres 2014 yang tak lazim. Kebanyakan berita yang tersebar justru bertentangan dengan berita-berita aslinya.

Advertisement

Nama portal berita yang dicatut termasuk Detik.com, Tempo.co, Kompas.com dan Tribunnews.com. Situs ini dibuat dengan sub domain beralamat: Detik.com–news.com, Kompas.com–news.com dan Tribunnews.com–news.com sehingga menyesatkan para pembacanya. Sedangkan Tempo.co menggunakan Tempo.com—New.com.

Berita yang banyak dibagikan dari situs web ini berjudul: “Akhirnya Jokowi Mengundurkan Diri Siang Tadi, Prabowo Presiden.” Ada pula Real Count Prabowo Unggul (Data KPU Pusat) dari Detik.com–news.com.

Akun @yayinuryayi me-mention akun Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait tautan artikel dari Com–news.com. . “@kemkominfo saya mau melaporkan ada sesuatu yang tidak beres dengan link ini,” tulis pengguna dengan akun. Sayangnya belum ada tanggapan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif