Jogja
Selasa, 22 Juli 2014 - 16:48 WIB

Pengelola Candi Prambanan Optimis Angka Kunjungan Meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan di Candi Prambanan (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Keamanan dan kenyaman pengunjung jadi perhatian utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dalam menghadapi musim libur lebaran mulai akhir pekan ini. Persiapan ini diyakini dapat meningkatkan angka kunjungan.

Direktur Pemasaran PT. TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Wilayah Prambanan, Sahala Parlindungan Siahaan, pada Senin (21/7) mengaku pihaknya terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya daya dukung masyarakat bagi kawasan tujuan wisata. Tahun ini, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menargetkan jumlah kunjungan musim libur lebaran akan tinggi. Mereka juga berusaha agar pengunjung tak mendapat pengalaman traumatis saat menikmati wisata candi.

Advertisement

“Petugas di lapangan akan kita siapkan dan ada koordinasi pula dengan aparat. Setidaknya jangan sampai lonjakan pengunjung menimbulkan kemacetan atau terjadi pencopetan di kawasan wisata,” kata Sahala, Senin (21/7/2014).

Khusus menyambut lebaran, area wisata baik di Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, maupun Ramayana Ballet akan dihias dengan nuansa lebaran. Misalnya pada galeri outdoor pintu masuk VIP pentas Ramayana Ballet akan dipasang patung Anoman beraksesoris ketupat merah-putih. Di samping itu, pengunjung di Candi Prambanan dan Ratu Boko juga akan disuguhi aneka pertunjukan kesenian, seperti kuda lumping, tari tradisional, keroncong dan hal lain. Khusus unit Candi Prambanan, jumlah pengunjung pada masa libur Lebaran sejak 26 Juli hingga 10 Agustus 2014, ditarget mencapai 151.265 orang.

“Sebagai langkah antisipasi, disediakan loket cadangan di timur kantor unit dan timur museum. Disediakan pula parkir cadangan di barat kantor unit,” ungkap Sahala.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif