Jogja
Selasa, 22 Juli 2014 - 11:43 WIB

MUDIK LEBARAN 2014 : Ini 19 Titik Rawan Laka di DIY

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com, SLEMAN – Polda DIY memberikan perhatian khusus pada 19 titik rawan kecelakaan lalulintas yang dilalui arus mudik lebaran 2014. Petugas berikut mobil derek serta ambulan dipersiapkan di tiap titik lokasi rawan.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti menjelaskan pihaknya sudah memetakan ada 19 titik rawan kecelakan di seluruh DIY yang harus diberi perhatian. Antara lain di Kota Jogja ada lima lokasi, Bantul tiga lokasi, Kulonprogo empat lokasi, Gunungkidul tiga lokasi dan Sleman adat empat lokasi rawan lakalantas. Titik rawan tersebut ditetapkan atas dasar seringnya terjadi lakalantas terutama saat terjadinya arus mudik. Sebagian besar titik rawan itu dilalui para pemudik baik yang akan masuk ke wilayah DIY maupun keluar dari DIY.

Advertisement

Kasus lakalantas selama arus mudik lebaran tahun sebelumnya, kata Anny, memang terjadi penurunan. Karena itu pihaknya akan mempertahankan atau bahkan menurunkan lagi kasus lakalantas melalui berbagai program imbauan di lapangan kepada pemudik.

Sementara itu Direktur Lalulintas Polda DIY, Kombes Nasri Wiharto menambahkan tim pengurai yang jumlahnya sekitar 130 personel di seluruh DIY, selain di tempatkan pada rawan kemacetan juga akan dibagi pada titik rawan. Selain itu pihaknya juga menyiapkan dua unit mobil derek yang siaga selama 24 jam jika kemungkinan terjadi lakalantas berat. Sementara titik-titik rawan di pelosok akan di-cover dengan mobil derek swasta yang sudah berkoordinasi dengan Satlantas wilayah. Serta ambulan jika kemungkinan terjadi korban turut juga dipersiapkan oleh tiap wilayah.

“Kami juga mengimbau kepada warga jika ada lakalantas hubungi kami, bisa melalui unit Polsek. Yakinlah bahwa kami pasti memberikan pertolongan,” ujarnya.

Advertisement

Titik Rawan Lakalantas

Kota Jogja
Jalan Kusumanegara
Jalan Laksda Adisutjipto
Jalan Menteri Supeno
Jalan Pramuka.

Bantul
Srandakan
Jalan Jogja-Parangtritis Km 2-22
Jalur Jogja-Piyungan.

Advertisement

Kulonprogo
Simpang empat Tambakbayan Triharjo
Simpang tiga Dalangan sampai dengan Toyan Wates
Jalan Umum Sukoreno sampai dengan Sentolo
Jalan Umum Demen

Gunungkidul
Jalan Jogja-Wonosari Km 2-7
Jalan Karangmojo-Semin
Jalan Semanu-Ponjong.

Sleman
Jalan Jogja-Magelang Km 14-17
Jalan Jogja-Gamping Km 8-10
Jalan Lingkar Utara Km 7-12
Jalan Jogja-Solo Km 7-10.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif